Harga Baja Ringan Taso, Kencana, Dll


Baja Ringan Taso, Kencana, Dll – Dalam pembangunan sebuah rumah yang kuat dan kokoh maka dibutuhkan bahan bangunan yang berkualitas seperti baja ringan. Sekarang ini baja ringan selalu menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang untuk membuat struktur atap rumah.



Atap baja ringan banyak diminati karena memang menawarkan banyak kelebihan seperti harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan struktur atap berbahan kayu. Baja ringan sendiri merupakan bahan bangunan yang terbuat  dari bahan dasar carbon steel. Adapun campuran komposisi carbon steel yang digunakan pada baja ringan sekitar 0,05% sampai dengan 2% dari satu produk baja ringan.

baja ringan

Ada banyak sekali merk bahan bangunan baja ringan yang beredar luas di pasaran. Beberapa diantaranya adalah Kencana Trust, TASO, Alfa Prima, dan masih banyak lagi yang lainnya. Baja ringan tersebut umumnya dijual per batang dengan ukuran yang bervariasi. Namun untuk ukuran panjangnya, biasanya per batang adalah 6 meter.

Baca juga: Harga Galvalum Per Meter

Kelebihan Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

Material baja ringan memang menawarkan banyak sekali kelebihan. Berikut ini adalah kelebihan baja ringan sebagai material bangunan :

  • Baja ringan memiliki bobot yang terbilang sangat ringan sehingga akan lebih memudahkan dalam proses pemasangan.
  • Berbeda dengan kayu, penggunaan baja ringan sebagai struktur atap rumah tidak akan mudah keropos dan dimakan rayap sehingga sudah pasti sangat awet.
  • Baja ringan juga sudah dilapisi dengan material galvalum yang dimana memiliki sifat tidak mudah terbakar.
  • Proses pemasangan baja ringan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan pembuatan rangka atap dari kayu. Hal ini dikarenakan dalam merangkai baja ringan hanya perlu dilakukan dengan memberikan sekrup untuk menjadi penyambungnya.
  • Tahan terhadap segala macam kondisi dan cuaca. Pasalnya material bangunan ini tidak akan bisa memuai dan menyusut sehingga akan lebih maksimal dalam menopang beban atap.
  • Harga baja ringan cukup terjangkau dan ekonomis sehingga bisa lebih menghemat biaya pembuatan atap rumah.
  • Struktur atap bangunan yang menggunakan baja ringan dipastikal lebih tahan gempa daripada bangunan yang menggunakan kayu.

Kekurangan Baja Ringan

Kekurangan Baja Ringan

Meskipun memiliki banyak kelebihan, baja ringan juga tak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh material baja ringan adalah sebagai berikut:



Leave a Comment