Membuat Rab Bangunan / Rumah / Gedung

Cara Membuat RAB Rumah – Menjadi seorang civil engineer, seringkali dituntut untuk bisa menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya). RAB adalah perhitungan banyak biaya yang dibutuhkan oleh suatu proyek baik itu upah, material ataupun biaya yang berkaitan dengan pelaksanaan proyek.

Banyak dari kita mungkin sudah lupa ataupun belum mengerti cara menghitung suatu rencana anggaran biaya, kali ini kami akan mengulas tentang cara menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Berikut ini adalah cara membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Proyek Bangunan Gedung :

  1. Pertama, bukalah aplikasi yang umum dipakai untuk menghitung Rencana Anggaran Biaya yaitu Microsoft Excel

Baca juga: Biaya Renovasi Rumah Type 36

Setelah membuka aplikasi tersebut pisahkan dengan per sheet1, sheet2, dll. Kemudian buatlah sheet rekapitulasi perhitungan, sheet item pekerjaan, sheet volume, sheet harga dan bahan, sheet analisa harga satuan dan seterusnya.

  1. Mengidentifikasi item pekerjaan dan satuan pekerjaan

Untuk dapat mengindentifikasi item pekerjaan proyek, maka kita memahami gambar shop drawaing, kemudian menentukan item pekerjaan dan satuan pekerjaannya.

  1. Hitung volume pekerjaan item pekerjaan berdasarkan gambar shop drawing.

Sesudah dilakukan identifikasi pekerjaan, berikutnya akan dihitung volume pekerjaan yang berdasarkan shop drawing.

Ini hanyalah cara perhitungan saja dan hasil perhitungan tidak bisa dijadikan acuan.

  1. Menentukan Daftar harga upah dan bahan

Tentukanlah upah dan harga bahan yang berdasarkan harga pasaran dengan lokasi proyek.

Harga bahan dan upah diatas hanyalah permisalan saja dan tidak bisa dijadikan acuan.

  1. Menghitung Analisa Harga Satuan Pekerjaan untuk proyek berdasarkan SNI

Kemudian hitunglah analisa harga satuan item pekerjaan untuk proyek, sehingga akan memperoleh harga satuan pekerjaan.

  1. Kemudian masukkan volume dan harga satuan pekerjaan ke sheet bill of quantity (rencana anggaran biaya)

Hasil dari perhitungan volume dan harga dasar satuan pekerjaan akan dimasukkan ke sheet Rekapitulasi biaya pekerjaan.

  1. Buat Rekapitulasi Biaya Pekerjaan

Rencana Anggaran Biaya (RAB) utama untuk dihitung biaya total pekerjaan akan ditambah dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 %

Baca juga: Harga Bata Ringan Per Kubik

  1. Periksa kembali hasil dari perhitungan rencana anggaran biaya (bill of quanty) anda. Sesudah selesai membuat tahap 1 hingga 7, periksa kembali supaya tidak terjadi kesalahan didalam perhitungan bill of quantity atau rencana anggaran biayanya.

Semua nilai dan perhitungan ini hanyalah rekayasa semata dan tidak dapat menjadi acuan untuk cara menghitung RAB resmi.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat rencana anggaran biaya atau bill of quantity (BOQ) proyek bangunan. Semoga bermanfaat

Leave a Comment