Cara Memasang Bondek

Cara Pemasangan Bondek – Bagaimana sebenarnya cara memasang bondek (floor deck) yang benar? Floor deck sendiri merupakan bahan bangunan yang berguna untuk menahan lantai cor. Floor deck adalah material yang bisa digunakan sebagai pengganti fungsi bekisting saat mengerjakan pengecoran pelat lantai. Merk dari produk floor deck yang paling populer di Indonesia yaitu bondek/bondeck.

Biasanya, bahan baku pembuatan floor deck adalah baja galvanis yang memiliki tingkat kekuatan tinggi, sehingga mampu menopang beban struktur pelat lantai yang ada di atasnya. Bentuk dari steel floor deck ini sendiri pada umumnya berupa lembaran pelat tipis serta bergelombang.

Ukuran tebalnya sendiri berkisar antara 0,75 sampai 1 mm. Sedangkan untuk ukuran lebarnya adalah 870 mm, 995 mm dan 1000 mm. Adapun panjang dari steel floor deck ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan tempat yang nantinya akan dikenai pekerjaan pengedekan yaitu sekitar 8 sampai 12 meter.

Baca juga: Glasswool Peredam Suara

Apabila dibandingkan dengan bahan konvensional yang lain, floor deck dengan bahan dasar baja ini bisa menghemat keperluan besi tulangan pada suatu pekerjaan dalam pembuatan pelat lantai. Artinya, apabila tempat pemasangannya makin luas, maka penghematan biaya pembangunannya pun akan semakin besar. Disamping itu, material ini juga sudah teruji mempunyai daya tahan yang lebih baik terhadap api dan juga telah memenuhi standar keamanan.

Kelebihannya yang lain adalah floor deck bisa diaplikasikan pada gedung-gedung pencakar yang dibangun dari puluhan lantai. Dan yang tak kalah penting adalah, penggunaan steel floor deck dapat mempermudah proses pembuatan dak beton, baik ketika masih persiapan maupun pengerjaannya.

Meskipun secara harga, floor deck dengan bahan dasar baja ini lebih mahal ibandingkan dengan bahan-bahan yang lain, tetapi penghematan RAB ketika pelaksanaannya dapat mencapai 25 sampai 30 persen.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang floor deck atau bondek yang benar :

  1. Pedoman Pemasangan

Secara prinsip, floor deck dapat dipasang pada bagian atas tumpuan portal konstruksi baja, beton ataupun batu bata. Panjang dari floor deck yang dipakai pun paling tidak harus bisa menutupi dua bagian bangunan serta mempunyai jarak bentang yang efisien. Sambungan yang terletak di antara dua panjang panel krisdek juga harus diusahakan seminimal mungkin. Walaupun panel deck ini dapat menjadi bekisting yang aman saat kondisi beton masih basah, tapi lebih baik gunakan papan sebagai lintasan pekerja dan sebisa mungkin hindarilah pemutusan pada beban.

Baca juga: Harga Aluminium Foil

  1. Pemasangan pada Konstruksi Baja

Pemasangan floor deck di atas tumpuan baja dapat dimulai sesudah konstruksi portal baja selesai diukur dengan memakai lot dan waterpass. Pemasangan bondek ini diawali dengan membentangkan material secara terus menerus, kemudian diikat dengan memakai las listrik atau paku tembak. Kemudian jarak pemikul akhir ditentukan berdasarkan gaya geser, umumnya sekitar 5 cm.

  1. Pengikatan dengan Las

Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah mengelas bagian ujung dek dari atas ke bawah dengan menggunakan cas cantum yang memiliki diameter 10 mm di bagian rata sisi-sisi rusuk panel. Bagian tumpu tengah setiap panel dek juga harus dilas di bagian rata sisik rusuk dengan memakai kawat las baja colulose AC/DC yang berukuran 3,25 mm.

  1. Penyempurnaan Pemasangan Dek

Langkah berikutnya tutup lubang rusuk dek pada bidang lantai cor memakai pita perekat. Lalu lakukan penyempurnaan sambungan tumpuan sisi rusuk panel dek yang berjarak sekitar 100 cm dengan cara dilas cantum, revet dia 5 mm atau memasang sekrup. Jika diperlukan adanya bahan bangunan untuk menahan geseran, maka material tersebut juga perlu dilas atau ditanam pada balok tumpuan yang ada di antara bagian lembeh rusuk dek.

Usahakan jarak dari rusuk penahan geser ke permukaan beton tidak kurang dari selimut beton, yakni sekitar 25 mm. Perhitungan jarak penempatan ini dihitung berdasarkan diagram gaya lintang balok tulangan sudut agar dapat memperoleh pembebanan yang merata.

  1. Persiapan Pengecoran

Ketika melakukan pengecoran, dibutuhkan tiang penyangga sementara yang fungsinya untuk mencegah terjadinya lendutan pada waktu cor beton masih dalam kondisi basah. Sesudah beton sudah berumur sekitar 7-14 hari, tiang penyangga sementara itu dapat dilepaskan.

Sekian tips pemasangan bondek yang bisa kami sampaikan. Sebagai referensi tambahan Anda juga bisa membaca cara memasang bondek dari sumber lainnya, baik dari internet maupun buku. Semoga cara di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment