Harga Buis Beton Kotak, Lingkaran Lengkap Berbagai Ukuran Mei 2019

Harga Buis Beton – Buis beton merupakan sebuah bahan kontruksi dari beton precast yang mempunyai bentuk seperti pipa dengan tulangan ataupun tanpa tulangan. Buis beton biasa disebut hong (gorong-gorong). Yang dimaksud dengan tulangan adalah serangkaian besi baja yang disusun menjadi sebuah jaring-jaring tertentu dan di tanam ke dalam cetakan. Tulangan ini berfungsi sebagai penguat dan pengikat dari adukan campuran beton.

Tetapi dalam pratiknya, buis beton tanpa tulangan jauh lebih populer digunakan daripada yang menggunakan tulangan. Hal tersebut dikarenakan harga buis beton bertulang lebih mahal dibandingkan dengan harga yang tanpa  menggunakan besi tulangan. Selain itu, proses produksinya juga memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan yang tanpa tulangan.

Buis beton ini mempunyai peran penting dalam menjaga kelestarian alam dan keseimbangan lingkungan. Fungsi utamanya adalah sebagai media saluran pembuangan air kotor dari sisa rumah  tangga dan saluran air hujan. Tetapi terkadang kita jarang menyadari peranan besar dari produk beton pracetak yang satu ini.

Karena pemasangannya yang selalu ditanam ke dalam tanah sehingga luput dari perhatian kita. Fungsinya tidak jauh berbeda  dengan produk beton precast lainnya yang digunakan untuk saluran air yaitu u ditch dan box culvert. Untuk proses produksinya dilakukan secara massal oleh sebuah pabrik  beton yang biasanya juga memproduksi kanstin dan paving block.

Jenis-jenis Buis Beton

Apabila di lihat dari proses produksinya, ada dua jenis buis beton yang telah beredar dipasaran yaitu jenis biasa dan jenis non pasir. Kedua jenis tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sama. Tetapi yang membedakannya adalah proses produksinya. Perbedaan proses produksi dari kedua jenis material tersebut akan dapat mempengaruhi kualitasnya. Jenis non pasir mempunyai kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan jenis biasa.

Untuk jenis non pasir merupakan jenis yang paling baik daripada jenis lainnya. Pasalnya, pada proses pembuatannya tidak menggunakan pasir sama sekali, namun hanya campuran semen, air dan kerikil. Dengan demikian, akan membentuk ronga-rongga udara pada celah-celah kerikil. Selain itu, berat jenis nuton non pasir juga menjadi lebih rendah. Namun dalam penggunaannya jenis  non pasir hanya diaplikasikan sebagai material untuk membuat sumur resapan. Sedangkan untuk jenis buis beton biasa digunakan untuk material saluran air gorong-gorong beton.

Bentuk dan Ukuran Buis Beton

Bentuk produk ini terbagi menjadi dua macam, yaitu buis beton belah (1/2 lingkaran) dan bentuk bulat. Ukuran buis beton 1/2 lingkaran adalah setengah dari diameter yang model bulat. Sering kali model 1/2 lingkaran di gunakan sebagai saluran air (got) sistem terbuka pada lingkungan perumahan. Ukuran berdiameter kecil yaitu 20 hingga 60 cm memiliki dimensi panjang 100 cm. Sedangkan berdiameter besar yaitu ukuran 80 dan 100 cm. Namun untuk ukuran diameter besar panjangnya hanya 50 cm atau separuh dari bentuk diameter kecil.

Harga jual buis beton juga turut di pengaruhi besar-kecilnya ukuran produk ini. Semakin besar ukurannya maka harga material ini juga semakin tinggi. Untuk model setengah lingkaran harganya lebih murah hingga 2/3 harga dari model bulat.

Fungsi Buis Beton dan Manfaatnya

Umumnya di jalan-jalan yang kerap dilalui kendaraan ringan, buis beton tanpa tulang dipilih sebagai material drainase. Sementara itu khusus untuk ruas jalan yang memang menjadi rute kendaraan berat, maka yang menggunakan besi tulangan yang digunakan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat dan fungsi buis beton yang umum kita jumpai di lingkungan sekitar kita :

  • Buis Beton untuk membuat sumur resapan

Pada dasarnya, material ini digunakan sebagai pelapis dinding tanah dalam pembuatan sumur atau pengerjaan galian saluran. Dimensi buis beton dengan diameter yang besar di manfaatkan sebagai sumur resapan karena lebih praktis dibandingkan harus membuat sendiri sumur resapan secara manual.

Sumur resapan sendiri merupakan sebuah teknologi konservasi air yang berbentuk seperti sumur biasa. Akan tetapi, fungsi utamanya bukanlah sebagai wadah untuk mengambil air, melainkan menyerap air dari atas permukaannya lalu meneruskan resapan tersebut ke dalam tanah. Dengan demikian, risiko genangan air yang terjadi pada jalan beraspal dapat di minimalisasi.

Lebih jauh, semakin sedikitnya genangan yang terjadi, maka dampak sedimentasi dan erosi yang di timbulkan juga semakin kecil. Sumur resapan juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan permukaan air yang ada di dalam tanah dan mencegah terjadinya “land subsidience”. Jika diletakkan pada kawasan industri yang menghasilkan limbah cair berbahaya, kehadiran sumur resapan akan membantu mencegah terjadinya pencemaran air di dalam tanah.

  • Buis beton sebagai saluran air dan septic tank

Produk ini juga memiliki kegunaan lain di samping sebagai sumur resapan. Dengan mudah dapat kita jumpai pemakaian material ini difungsikan sebagai septic tank dan saluran air. Untuk pemasangan saluran air beton terbuka, biasanya variasi yang digunakan adalah berbentuk setengah lingkaran.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dimensi buis beton memiliki ragam ukuran sesuai kebutuhan. Jika digunakan untuk saluran air, umumnya yang digunakan adalah ukuran diameter antara 20 sampai 60 sentimeter. Sementara itu bila akan dimanfaatkan untuk septic tank dan sumur resapan, maka ukuran diameter yang lazim adalah 80 sampai 100 sentimeter.

Daftar Harga Buis Beton 2019