Harga Buis Beton Dan Ukurannya


Harga Buis Beton – Buis beton merupakan sebuah bahan kontruksi dari beton precast yang mempunyai bentuk seperti pipa dengan tulangan ataupun tanpa tulangan. Buis beton biasa disebut hong (gorong-gorong). Yang dimaksud dengan tulangan adalah serangkaian besi baja yang disusun menjadi sebuah jaring-jaring tertentu dan di tanam ke dalam cetakan. Tulangan ini berfungsi sebagai penguat dan pengikat dari adukan campuran beton.

Tetapi dalam pratiknya, buis beton tanpa tulangan jauh lebih populer digunakan daripada yang menggunakan tulangan. Hal tersebut dikarenakan harga buis beton bertulang lebih mahal dibandingkan dengan harga yang tanpa  menggunakan besi tulangan. Selain itu, proses produksinya juga memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan yang tanpa tulangan.



harga buis beton

Buis beton ini mempunyai peran penting dalam menjaga kelestarian alam dan keseimbangan lingkungan. Fungsi utamanya adalah sebagai media saluran pembuangan air kotor dari sisa rumah  tangga dan saluran air hujan. Tetapi terkadang kita jarang menyadari peranan besar dari produk beton pracetak yang satu ini.

Karena pemasangannya yang selalu ditanam ke dalam tanah sehingga luput dari perhatian kita. Fungsinya tidak jauh berbeda  dengan produk beton precast lainnya yang digunakan untuk saluran air yaitu u ditch dan box culvert. Untuk proses produksinya dilakukan secara massal oleh sebuah pabrik  beton yang biasanya juga memproduksi kanstin dan paving block.



Baca juga: Harga Scaffolding

Jenis-jenis Buis Beton

Apabila di lihat dari proses produksinya, ada dua jenis buis beton yang telah beredar dipasaran yaitu jenis biasa dan jenis non pasir. Kedua jenis tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang sama. Tetapi yang membedakannya adalah proses produksinya. Perbedaan proses produksi dari kedua jenis material tersebut akan dapat mempengaruhi kualitasnya. Jenis non pasir mempunyai kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan jenis biasa.

Untuk jenis non pasir merupakan jenis yang paling baik daripada jenis lainnya. Pasalnya, pada proses pembuatannya tidak menggunakan pasir sama sekali, namun hanya campuran semen, air dan kerikil. Dengan demikian, akan membentuk ronga-rongga udara pada celah-celah kerikil.

Selain itu, berat jenis nuton non pasir juga menjadi lebih rendah. Namun dalam penggunaannya jenis  non pasir hanya diaplikasikan sebagai material untuk membuat sumur resapan. Sedangkan untuk jenis buis beton biasa digunakan untuk material saluran air gorong-gorong beton.

Bentuk dan Ukuran Buis Beton

Bentuk produk ini terbagi menjadi dua macam, yaitu buis beton belah (1/2 lingkaran) dan bentuk bulat. Ukuran buis beton 1/2 lingkaran adalah setengah dari diameter yang model bulat. Sering kali model 1/2 lingkaran di gunakan sebagai saluran air (got) sistem terbuka pada lingkungan perumahan.

Ukuran berdiameter kecil yaitu 20 hingga 60 cm memiliki dimensi panjang 100 cm. Sedangkan berdiameter besar yaitu ukuran 80 dan 100 cm. Namun untuk ukuran diameter besar panjangnya hanya 50 cm atau separuh dari bentuk diameter kecil.



Leave a Comment