Harga Berbagai Macam Kayu


Harga Berbagai Jenis Kayu –  Dalam pembangunan suatu bangunan terutama rumah tentunya kita akan membutuhkan kayu sebagai material bangunan yang memiliki peran sangat penting. Selain digunakan sebagai kusenan, kayu juga banyak digunakan untuk pembuatan rangka atap rumah. Seperti halnya untuk penggunaan reng dan juga usuk.



kayu bangunan

Sekarang ini harga kayu usuk bisa dibilang sangat mahal, sehingga sangat dibutuhkan perhitungan secara tepat supaya anggaran dalam pembangunan rumah nantinya tidak membengkak hanya karena satu material bangunan yang mahal.

Nah, jika Anda sekarang ini memiliki rencana untuk membangun rumah dan sedang mencari harga kayu bangunan terbaik maka Anda bisa simak pembahasan kami kali ini. Kami disini akan memberikan informasi mengenai kayu bangunan secara lengkap beserta daftar harganya sehingga bisa Anda jadikan sebagai referensi. Berikut dibawah ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Harga Kusen Pintu Kayu

Tentang Kayu

Menurut Wikipedia, kayu merupakan bagian batang atau cabang dan ranting tanaman yang mengeras karena mengalami pengayuan atau lignifikasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain untuk bangunan, kayu juga dapat dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah atau furniture seperti lemari, meja, kursi, dan tempat tidur. Bahkan kayu juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan juga lain sebagainya.

Ada banyak sekali jenis kayu yang ada di dunia. Setiap jenis kayu tentunya mempunyai sifat fisik yang bervariasi, dimana sifat tersebutlah yang akan menentukan kualitasnya. Seperti misalnya kayu lunak atau softwood yang umumnya digunakan khusus untuk bahan dasar pembuatan kertas karena mudah sekali dihancurkan dan dijadikan pulp.

Sedangkan untuk kayu keras atau hardwood biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tiang bangunan. Disamping itu, keberadaan fitur yang tertentu seperti knot (mata kayu dan warna) ternyata juga akan mempengaruhi sifat dan kekuatan kayu itu sendiri.

Ukuran dan Bentuk Kayu

Ukuran dan Bentuk Kayu

Kayu yang sudah ditebang biasanya akan dijual langsung ke pasaran dengan ukuran panjang, lebar, dan tebal yang bervariasi. Ukuran kayu ini digunakan khusus untuk menamai kayu bangunan yang sesuai dengan ukurannya masing-masing, seperti misalnya kayu kaso, balok, galar, papan, reng, ataupun berbagai bentuk lainnya yang sesuai dengan tujuan pemakaian kayu.

Balok kayu misalnya, merupakan balok dari bahan kayu yang telah digergaji sehingga memiliki bentuk segi empat dan mempunyai siku-siku dengan ukuran tebal 6 cm sampai 8 cm dan untuk ukuran lebarnya mulai dari 12 cm sampai dengan 15 cm. Sedangkan galar merupakan kayu yang telah digergaji memiliki bentuk segi empat, tetapi mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan balok kayu, yaitu tebal kurang lebih 5 cm dengan lebar sekitar 10 cm.

Keunggulan Penggunaan Kayu Dalam Konstruksi Bangunan

Hampir semua kontruksi bangunan akan membutuhkan kayu sebagai material paling utama, mulai dari kontruksi rumah, sekolah, kantor, dan bahkan restoran. Jika dibandingkan dengan material yang lainnya, kayu menawarkan banyak sekali kelebihan. Berikut ini adalah keunggulan kayu dalam kontruksi bangunan:



Leave a Comment