Biaya Untuk Membuat Tangga Minimalis


Desain Tangga Minimalis – Bagi Anda yang sekarang ini sedang ingin membangun rumah bertingkat maka Anda akan membutuhkan salah satu elemen yang memiliki peran penting, yaitu tangga rumah. Seperti yang kita tahu tangga rumah akan menjadi penghubung antara lantai bawah dengan lantai atas sehingga perannya memang sangat penting bagi rumah bertingkat.

Tangga Minimalis



Namun sayangnya penggunaan tangga selalu menjadi masalah bagi kebanyakan orang yang memiliki ukuran ruang sangat terbatas. Nah, sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah besar karena Anda bisa mengusung konsep minimalis. Artinya, Anda masih bisa memainkan bentuk dan menggunakan desain yang sederhana untuk pembuatan tangga.

Selain sebagai penghubung antar dua lantai, tangga minimalis ternyata juga dapat mempercantik ruangan. Maka dari itu, tangga minimalis yang digunakan sebagai pelengkap rumah harus mempunyai desain yang sederhana tetapi tetap multifungsi.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga

Memahami Syarat-Syarat Desain Tangga

Memahami Syarat-Syarat Desain Tangga



Meskipun rumah Anda memiliki ukuran sempit, Anda masih bisa menggunakan tangga minimalis. Namun dalam mendesain tangga minimalis dibutuhkan perancangan, instalasi dan finishing secara tepat dan akurat supaya mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Berikut ini kami adalah syarat-syarat yang harus dipahami sebelum desain tangga:

  • Tangga minimalis harus memiliki desain yang sederhana dan pastinya tidak menyulitkan para penggunanya. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan dan jangan sampai tangga mininimalis Anda nantinya memiliki desain yang mewah dan memakan banyak ruangan karena bisa membuat ruangan terkesan sangat sempit.
  • Berada di area rumah yang mudah untuk dijangkau seluruh penghuni rumah. Sebuah rumah dengan ukuran minimalis, efektifitas menjadi hal yang paling utama. Tangga rumah sebaiknya dibuat di area terbuka seperti misalnya di ruang keluarga. Jangan sampai Anda membuat tangga di ruang tamu karena sangat kurang tepat. Sedangkan tangga yang berada di luar rumah akan menyulitkan kita untuk mengakses tangga sewaktu-waktu sehingga kurang praktis.
  • Untuk dimensi tangga sebaiknya sesuai dengan langkah kaki manusia. Jika penghuni rumah ada yang memiliki kebutuhan khusus maka untuk dimensi dan juga desain tangga lebih baik disesuaikan. Disamping itu, desain tangga yang dibuat nantinya harus memudahkan penghuni rumah ketika ingin memindahkan furnitur dan perabotan rumah lainnya.
  • Untuk area tangga dan lantai harus didesain dengan warna yang kontras. Hal ini bertujuan supaya tangga masih bisa terlihat ketika terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Cara ini bisa membuat desain tangga terlihat semakin menarik dan tampil sebagai elemen rumah yang bisa menambah nilai estetika interior rumah.
  • Pemanfaatan material anti selip. Lantai keramik atau material yang memiliki tekstur halus kemungkinan besar bisa membuat penggunaa tangga terpeleset. Maka dari itu, jika penggunaan material yang memiliki tekstur halus tidak bisa dihindari ataupun diganti dengan material yang lain area tangga bisa Anda lapisi dengan menggunkan karpet. Namun pemasangan karpet harus benar-benar rapat dan tanpa celah sama sekali supaya pengguna tangga tidak tersandung karpet yang menganga.

Inspirasi Desain Tangga Minimalis

Inspirasi Desain Tangga Minimalis

Jika Anda sudah memahami bagaimana syarat mendesain tangga maka dapat dipastikan tangga yang Anda buat nantinya aman untuk digunakan dan bisa menambah nilai estetika. Sekarang Anda sudah bisa mulai desain tangga yang ingin digunakan. Namun jika Anda mengalami kebingungan untuk menentukan desain tangga yang ingin digunakan untuk di rumah, mari langsung saja simak beberapa inspirasi desain tangga minimalis di bawah ini.

  1. Floating Stairs dari Kaca

Floating Stairs dari Kaca

Tangga yang dibuat dari material kayu memang indah jika dipandang mata. Namun tangga rumah yang dibuat dari kaca bisa semakin menambah nilai estetika pada rumah Anda. Apalagi jika anak tangga rumah dibuat dari bahan kaca tebal tanpa adanya railing tangga.

Karakteristik kaca yang transparan akan membuat desain tangga ini terlihat semakin futuristik dan bisa membuat ruangan interior Anda nampak lebih terang. Tangga rumah dengan elemen kaca ini dipastikan tidak akan merusak dekorasi minimalis hunian yang ideal dengan dinding dan juga furnitur minimal.

  1. Ribbon Floating Stair

Ribbon Floating Stair



Desain tangga rumah minimalis yang satu ini sangat sulit untuk dibangun karena rumit. Selain itu, pembuatan tangga ini dibutuhkan kalkulasi yang benar-benar cermat untuk diterapkan di rumah. Meskipun demikian, jika Anda berhasil untuk membangun tangga ini maka usaha susah payah Anda akan terbayar

Sebagai ganti anak tangga yang umumnya terpisah, desain tangga ribbon floating stairs ini mengandalkan lempengan baja tebal yang memiliki bentuk seperti seurai pita. Selain sebagai pelengkap desain rumah, tangga ini ternyata juga bisa bersifat sebagai pajangan seni yang fungsional.



Leave a Comment