Biaya Untuk Membuat Tangga Minimalis

Desain Tangga Minimalis – Bagi Anda yang sekarang ini sedang ingin membangun rumah bertingkat maka Anda akan membutuhkan salah satu elemen yang memiliki peran penting, yaitu tangga rumah. Seperti yang kita tahu tangga rumah akan menjadi penghubung antara lantai bawah dengan lantai atas sehingga perannya memang sangat penting bagi rumah bertingkat.

Tangga Minimalis

Namun sayangnya penggunaan tangga selalu menjadi masalah bagi kebanyakan orang yang memiliki ukuran ruang sangat terbatas. Nah, sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah besar karena Anda bisa mengusung konsep minimalis. Artinya, Anda masih bisa memainkan bentuk dan menggunakan desain yang sederhana untuk pembuatan tangga.

Selain sebagai penghubung antar dua lantai, tangga minimalis ternyata juga dapat mempercantik ruangan. Maka dari itu, tangga minimalis yang digunakan sebagai pelengkap rumah harus mempunyai desain yang sederhana tetapi tetap multifungsi.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga

Memahami Syarat-Syarat Desain Tangga

Memahami Syarat-Syarat Desain Tangga

Meskipun rumah Anda memiliki ukuran sempit, Anda masih bisa menggunakan tangga minimalis. Namun dalam mendesain tangga minimalis dibutuhkan perancangan, instalasi dan finishing secara tepat dan akurat supaya mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Berikut ini kami adalah syarat-syarat yang harus dipahami sebelum desain tangga:

  • Tangga minimalis harus memiliki desain yang sederhana dan pastinya tidak menyulitkan para penggunanya. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan dan jangan sampai tangga mininimalis Anda nantinya memiliki desain yang mewah dan memakan banyak ruangan karena bisa membuat ruangan terkesan sangat sempit.
  • Berada di area rumah yang mudah untuk dijangkau seluruh penghuni rumah. Sebuah rumah dengan ukuran minimalis, efektifitas menjadi hal yang paling utama. Tangga rumah sebaiknya dibuat di area terbuka seperti misalnya di ruang keluarga. Jangan sampai Anda membuat tangga di ruang tamu karena sangat kurang tepat. Sedangkan tangga yang berada di luar rumah akan menyulitkan kita untuk mengakses tangga sewaktu-waktu sehingga kurang praktis.
  • Untuk dimensi tangga sebaiknya sesuai dengan langkah kaki manusia. Jika penghuni rumah ada yang memiliki kebutuhan khusus maka untuk dimensi dan juga desain tangga lebih baik disesuaikan. Disamping itu, desain tangga yang dibuat nantinya harus memudahkan penghuni rumah ketika ingin memindahkan furnitur dan perabotan rumah lainnya.
  • Untuk area tangga dan lantai harus didesain dengan warna yang kontras. Hal ini bertujuan supaya tangga masih bisa terlihat ketika terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Cara ini bisa membuat desain tangga terlihat semakin menarik dan tampil sebagai elemen rumah yang bisa menambah nilai estetika interior rumah.
  • Pemanfaatan material anti selip. Lantai keramik atau material yang memiliki tekstur halus kemungkinan besar bisa membuat penggunaa tangga terpeleset. Maka dari itu, jika penggunaan material yang memiliki tekstur halus tidak bisa dihindari ataupun diganti dengan material yang lain area tangga bisa Anda lapisi dengan menggunkan karpet. Namun pemasangan karpet harus benar-benar rapat dan tanpa celah sama sekali supaya pengguna tangga tidak tersandung karpet yang menganga.

Inspirasi Desain Tangga Minimalis

Inspirasi Desain Tangga Minimalis

Jika Anda sudah memahami bagaimana syarat mendesain tangga maka dapat dipastikan tangga yang Anda buat nantinya aman untuk digunakan dan bisa menambah nilai estetika. Sekarang Anda sudah bisa mulai desain tangga yang ingin digunakan. Namun jika Anda mengalami kebingungan untuk menentukan desain tangga yang ingin digunakan untuk di rumah, mari langsung saja simak beberapa inspirasi desain tangga minimalis di bawah ini.

  1. Floating Stairs dari Kaca

Floating Stairs dari Kaca

Tangga yang dibuat dari material kayu memang indah jika dipandang mata. Namun tangga rumah yang dibuat dari kaca bisa semakin menambah nilai estetika pada rumah Anda. Apalagi jika anak tangga rumah dibuat dari bahan kaca tebal tanpa adanya railing tangga.

Karakteristik kaca yang transparan akan membuat desain tangga ini terlihat semakin futuristik dan bisa membuat ruangan interior Anda nampak lebih terang. Tangga rumah dengan elemen kaca ini dipastikan tidak akan merusak dekorasi minimalis hunian yang ideal dengan dinding dan juga furnitur minimal.

  1. Ribbon Floating Stair

Ribbon Floating Stair

Desain tangga rumah minimalis yang satu ini sangat sulit untuk dibangun karena rumit. Selain itu, pembuatan tangga ini dibutuhkan kalkulasi yang benar-benar cermat untuk diterapkan di rumah. Meskipun demikian, jika Anda berhasil untuk membangun tangga ini maka usaha susah payah Anda akan terbayar

Sebagai ganti anak tangga yang umumnya terpisah, desain tangga ribbon floating stairs ini mengandalkan lempengan baja tebal yang memiliki bentuk seperti seurai pita. Selain sebagai pelengkap desain rumah, tangga ini ternyata juga bisa bersifat sebagai pajangan seni yang fungsional.

  1. Tangga Kayu dengan Railing Kaca

Tangga Kayu dengan Railing Kaca

Rumah minimalis tidak selalu terlihat dingin. Untuk menciptakan kesan rumah yang hangat namun tetap terlihat modern maka Anda bisa mencoba desain tangga kayu yang dilengkapi dengan adanya pagar tangga kaca seperti gambar diatas.

Kombinasi kedua desain ini akan membuat ruangan terliat semakin chic dan stylish. Untuk warna kayu harus disesuaikan dengan warna interior rumah agar terlihat selaras. Misalnya saja jika warna interior rumah Anda didominasi dengan warna gelap maka usahakan untuk memilih kayu yang juga berwarna gelap agar terhindar dari tabrakan warna.

  1. Tangga Spiral

Tangga Spiral

Dilihat secara sekilas, tangga spiral memiliki bentuk yang sangat unik. Sesuai namanya, tangga spiral memiliki bentuk melengkung dan berputar ke bawah dengan membentuk spiral. Cukup banyak material yang akan Anda butuhkan untuk membangun tangga ini.

Untuk desain ini Anda bisa menggunakan kaca yang transparan secara menyeluruh. Untuk perpaduan Anda bisa menggunakan kayu dan kaca, besi baja maupun menggabungkan material yang mewah seperti keramik marmer dan juga kayu jati putih. Desain tangga yang satu ini akan sangat cocok sekali bagi para pecinta desain interior yang selalu ingin tampil beda.

  1. Tangga Geometris

Tangga Geometris

Tangga geometris dapat dibangun langsung bersamaan dengan railing tangga atau bisa juga dibiarkan polos seperti tangga terapung. Namun desain yang banyak diminati umumnya adalah anak tangga yang memiliki bentuk segitiga siku-siku.

Anak tangga yang memiliki bentuk segitiga akan terlihat sangat ramping dan kokoh. Untuk anak tangganya bisa dibuat dari berbagai bahan tergantung dari pemilik rumah itu sendiri. Adapun bahan yang bisa dipilih adalah kayu, semen, keramik marmer, tumpukan batu alam dan masih banyak lagi.

  1. Tangga Lipat

Tangga Lipat

Mungkin Anda masih terdengar sangat asing jika mendengar kata tentang tangga lipat. Desain tangga yang satu ini memang sangat briliant dan out of the box. Penggunaan tangga ini adalah dengan menekan satu tombol pada remot yang telah disediakan. Jika tombol tersebut sudah ditekan maka tangga ini bisa langsung terlipat dan tertarik ke bagian dalam dinding rumah.

Sang desainer, yaitu Aaron Tang menyebutkan bahwa desain tangga seperti ini akan sangat menghemat ruang. Tangga ini diciptakan khusus bagi pemilik rumah yang miliki ruang terbatas dan membutuhkan privasi lebih. Tangga lipatan ini juga tidak akan menghasilkan suaran bisang ataupun meninggalkan goresan pada lantai.

Baca juga: Harga Triplek Berbagai Ukuran

Biaya Membuat Tangga Cor Beton

Luas Ruangan 10 meter x 16 meter bisa menggunakan tebal tangga setinggi 15 cm, agar tidak terlalu capek saat menaiki tangga.

Perhitungan Tangga Cor ReadyMix:

Volume plat lantai : 10 meter x 16 meter x 0.15 meter = 24 meter kubik.

Batas aman dibuat 2.5 persen x 24 meter kubik = 0.6 meter kubik

Maka jumlah rancangan volume readymix yang dibutuhkan adalah 24.6 meter kubik yang bila dibulatkan menjadi 25 meter kubik.

Jika 1 truk molen berkapasitas 5-7 kubik, maka total concrete yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan 25 meter kubik adalah sekitar 5 truk.

Misalnya harga beton cor readymix 1 truk molen adalah 1 juta per meter kubik, maka apabila berjumlah 5 adalah 1 juta x 5 = 5 juta rupiah.

Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung kontraktor dan model desain tangga yang diinginkan.

MODEL TANGGA HARGA
TANGGA BETON REBAH ATAU LURUS Rp. 6.000.000
TANGGA BETON SPIRAL PANJANG Rp. 11.000.000
TANGGA BETON SPIRAL PENDEK Rp. 8.000.000
TANGGA BETON OUTDOOR TANPA FINISHING Rp. 4.000.000
TANGGA BETON KOMBINASI KACA Rp. 12.000.000
TANGGA BETON MELAYANG Rp. 7.000.000

Leave a Comment