Harga Rockwool Per Meter Tebal

Harga Rockwool Per Meter – Material peredam sekarang ini sedang populer dan banyak digandrungi. Hal ini karena material peredam memiliki fungsi yang sangat penting. Jika Anda pernah memasuki sebuah studio yang dimana di dalamnya menyetel suara sangat keras namun tidak terdengar sama sekali di luar ruangan, itulah peran peredam suara.

Sekarang ini peredam suara sudah banyak sekali digunakan di rumah-rumah konvensional ataupun di ruang meeting kantor untuk menjaga privasi, kebisingan dan kofokusan para penghuninya.

harga rockwool

Pada umumnya peredam suara akan ditempel di seluruh bagian dinding ruangan yang ingin diredam. Peredam suara sendiri memiliki banyak jenisnya, namun yang paling banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat adalah rockwool. Hal ini karena bahan glasswool dianggap sebagai peredam yang ramah lingkungan dan sangat efektif.

Selain digunakan sebagai material peredam, rockwool juga dapat digunakan sebagai media tanaman hidroponik. Bahkan rockwool memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan material peredam lainnya seperti glasswool.

Baca juga: Harga Gypsum Board

Pengertian Rockwool

Pengertian Rockwool

Rockwool merupakan sebuah material yang dibuat dari serat mineral fiber atau mineral wool. Rocwool berasal dari bebatuan (batu bara, balsat, atau batu kapur), kaca, keramik yang telah dicairkan dalam suhu yang cukup tinggi dan kemudian cairan tersebut dipintal sampai membentuk serat halus. Selanjutnya serat akan didinginkan dan dilakukan pemotongan sesuai dengan ukuran.

Rockwool mempunyai titik leleh yang sangat ekstrem yaitu 2.150° Fahreinheit lebih dan tidak mudah untuk terbakar. Oleh karenanya material rockwool juga banyak digunakan sebagai bahan insulasi ternal dan juga semprotan kebakaran.

 Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa material rockwool banyak digunakan sebagai material peredam dan media tanam hidroponik. Namun tahukah Anda bahwa material rockwool memiliki fungsi yang lainnya yaitu sebagai peredam suaran (soundproofing) dan pelindung kapal, pipa, kemah, dan peralatan rumah tangga.

Rockwool memang mempunyai konten yang cukup padat sehingga dapat mengurangi transmisi gelombang udara dan juga aliran air.

Kelebihan Rockwool

Kelebihan Rockwool

Sebagai material peredam dan media tanam hidroponik, material rockwool memiliki banyak kelebihan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh material rockwool adalah sebagai berikut ini:

  • Rockwool memiliki tingkat kekedapan suara yang sangat baik. Bahkan bisa dipastikan bahwa 95% suara tidak akan bisa masuk.
  • Kuat dan tidak mudah terbakar karena rockwool memiliki ketahanan cukup baik terhadap suhu tinggi yang sangat panas.
  • Mampu menyerap uap air sehingga bisa mencegah kelembaban dan juga jamur.
  • Mudah dalam proses pemasangan dan instalasi. Namun Anda harus selalu berhati-hati karena serpihan bahan rockwool ini sangat tajam. Disarankan untuk menggunakan masker ketika memasang rockwool supaya nantinya terhindar dari serpihan yang bisa saja terhirup karena bisa membahayakan paru-paru Anda.
  • Rockwool dijual dengan harga yang terjangkau untuk kelas standar dengan sejuta manfaat dan banyak kegunaan.
  • Bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan industri dan konstruksi.
  • Tidak perlu perawatan.
  • Material rockwool tidak mudah berbau dan pastinya bisa terhindar dari kutu.

Kelemahan Rockwool

Kelemahan Rockwool

Selain memiliki banyak kelebihan, material rockwool juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan rockwool yang perlu Anda ketahui:

  • Rockwool memiliki ketebalan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis peredam lain. Namun yang pasti ukuran ketebalan rockwool ini masih jauh lebih tebal daripada busa telur.
  • Memiliki sifat yang mudah sekali rontoh sehingga kekuatan untuk meredam suara nantinya bisa turun.
  • Jika material rockwool tersentuh langsung dengan kulit maka bisa menyebabkan iritasi, apalagi jika jenis kulit yang tersentuh sangat sensitif. Maka dari itu ketika memasang material rockwool harus dilapisi dengan menggunakan pelapis yang tertentu.
  • Apabila terhirup oleh paru-paru, material rockwool juga memberikan efek yang tidak menguntungkan dan bahkan bisa mengakibatkan gangguan pernafasan jika terhirup secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Karena kualitasnya dalam meredam suara bisa menurun maka rockwool akan sangat berbahaya bagi kesehatan pernafasan. Oleh karena itu material rockwool tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Harga Glasswool Per m2

Rockwool Media Tanam Hidroponik

Rockwool Media Tanam Hidroponik

Diatas sudah kami jelaskan bahwa material rockwool sekarang ini sedang populer untuk digunakan sebagai media tanam hidroponik. Sebagai media tanam hidroponik sederhana, rockwool mempunyai peran yang cukup penting untuk menunjang proses pertumbuhan pada tanaman. Pertumbuhan akar dan juga penyerapan nutrisi pada tanaman nantinya bisa lebih optimal, karena memang rockwool memiliki kemampuan daya serap yang maksimal.

Selain itu, rockwool juga mempunyai struktur serat alami yang cukup baik untuk membantu menopang akar dan batang pada tanaman. Dengan begitu tanaman bisa berdiri dengan tegak dan stabil. Maka tak heran jika rockwool akan sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai media tanam mulai dari tahap penyemaian sampai dengan proses panen.

Rockwool Media Tanam Hidroponik

Meskipun mempunyai banyak keunggulan. Anda harus selalu memperhatikan kadar keasamannya. Kadar asam atau pH alami yang dimiliki rockwool terbilang sangat tinggi atau basa karena kandungan alkali yang ada di dalam seratnya, yakni pada kisaran pH 8.

Sedangkan untuk kadar keasaman yang diperlukan oleh tanaman supaya bisa tumbuh dengan baik adalah pada kisaran pH 5,5 sampai dengan 6,5. Maka dari itu, jika Anda tertarik untuk menggunakan material rockwool sebagai media tanam bangunan.web.id sarankan untuk memberikan pupuk terlebih dahulu.

Dengan memberikan pupuk ini akan membantu untuk mengatasi kadar keasaman (pH) pada material rockwool. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan pupuk yang memiliki sifat asam seperti urea, KCL, pupuk AB mic, atau bisa juga pupuk ammonium sulfat.

Jika dilihat secara sekilas, material rockwool memiliki tampilan yang sangat mirip dengan serabut kapas karena pada dan berbulu.  Ketika Anda menggunakan material rockwool sebagai media tanam hidroponik, Anda harus benar-benar paham mengenai bagaimana cara memotong rockwool dengan benar supaya bisa berfungsi secara lebih maksimal.

rockwool

Namun jika Anda ingin menggunakan rockwool dalam bentuk lembaran maka Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memotongnya sampai terpisah. Bisa Anda sisakan sedikit pada bagian bawah dengan menggunakan tangan supaya lembaran rockwool nantinya bisa tetap menyatu.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk mempermudah penyimpanan pada bagian yang belum terpakai. Cara tersebut juga memiliki tujuan lain untuk bisa memudahkan Anda dalam menentukan bagian lembaran rockwool yang ingin digunakan untuk menempatkan benih tanaman.

Harga Rockwool Terbaru 2021

Harga Rockwool Terbaru

Material rockwool biasanya banyak dijual di toko-toko peralatan pertanian dan situs online. Rockwool yang dijual di pasaran memiliki dua macam kualitas, rockwool dengan harga murah umumnya tidak mempunyai brand atau merek, sementara material rockwool yang berkualitas sudah pasti memiliki brand. Berikut ini adalah harga rockwool terbaru 2021:

Kemasan Harga
Mini (Satuan) Mulai Rp100,00
Medium (Satuan) Mulai Rp8.000,00
Slab (Satuan) Mulai Rp55.000,00 – Rp75.000,00 (per meter)
Ball (16 slab) Mulai Rp700.000,00 – Rp1.440.00,00

Harga material rockwool diatas bisa saja berbeda-beda karena mengikuti harga pasar di setiap wilayah atau toko. Jika Anda lebih tertarik untuk membelinya melalui online, sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu di beberapa toko online.

Jangan sampai lupa untuk melihat testimoni untuk dapat memastikan bahwa rockwool yang ingin dibeli bagus kualitasnya.

Leave a Comment