Harga Peralatan Listrik Broco


Harga Saklar Broco – Broco adalah salah satu merk aksesoris atau peralatan listrik yang berkualitas baik untuk bisa digunakan sebagai kebutuhan rumah tangga. Macam-macam produk ber-merk Broco ini juga sangat bermacam-macam, mulai dari saklar, stop kontak, outlet TV, outlet telepon, outlet data, steker dan masih banyak lainnya yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan kita masing-masing.

Mungkin semua aksesoris listrik tersebut sudah tak asing lagi bagi anda sebab memang sering ditemui karena alat-alat tersebut juga terdapat dalam rumah. Tapi, terkadang masih banyak yang salah mengartikan nama-nama dari aksesoris listrik tersebut.



alat listrik broco

Berikut ini akan kita ulas tentang nama-nama aksesoris listrik serta penjelasan bagaimana cara menggunakannya, supaya nama dan kegunaannya tak lagi tertukar.

Steker



Mungkin kebanyakan dari Anda lebih mengenal nama dari aksesoris listrik ini dengan sebutan ‘colokan listrik’, tak salah memang, tapi alat listrik tersebut memiliki nama, yaitu steker. Kegunaannya adalah untuk menghantarkan listrik menuju tempat lain atau bisa juga disebut stop kontak.

Cara menggunakan steker :

Caranya cukup mudah, apabila steker sudah dipasang pada kabel, maka tinggal dicolokkan saja ditempat mana yang terdapat dua lubang sesuai dengan arahnya. Bila belum ada kabel, maka anda perlu melakukan pemasangan dulu. Caranya adalah dengan membuka baut atau mur dengan tujuan agar permukaan pelindungnya terbuka, lalu kendurkan baut pengencang kabel kemudian hubungkan masing-masing kabelnya, sesuai dengan tempatnya, lalu kencangkan lagi. Pastikan bahwa warna kabelnya sama, jangan sampai ada warna kabel yang berbeda lalu dijadikan satu/terhubung/menempel antara satu dengan lainnya diantara baut pemasangnya.

Baca juga: Harga TV Kabel Murah

Jenis-jenis steker :

  • Steker Bengkok

  • Steker Adapter

  • Steker T

  • Steker Arde

Saklar



Banyak yang menyebut bahwa saklar sama dengan stop kontak. Tapi pastikan dulu, apakah nama tersebut memang sudah benar seperti itu? Jawabannya adalah, saklar dan stop kontak itu berbeda. Dilihat dari kegunaannya, saklar berfungsi sebagai pemutus arus listrik. Tapi, stop kontak berfungsi sebagai penyedia atau sebagai sarana arus listrik tersebut nantinya akan dialirkan.

Cara menggunakan saklar :

Caranya sangat mudah, cukup dengan menekan searah permukaannya, maka lampu ataupun perangkat listrik yang lainnya akan menyala. Tetapi dengan syarat bahwa kabel listriknya harus sudah terhubung. Apabila belum terhubung, anda dapat melakukan pemasangan kabel dulu. Ketika pemasangan kabel dilakukan, pastikan sumber listrik sudah dimatikan dulu sebelumnya atau tidak dialiri listrik. Atau, apabila anda belum bisa memasang sendiri, anda bisa serahkan pada tukang atau orang lain yang memang benar-benar mengerti.

Jenis Saklar

  • Saklar Seri Outbow
  • Saklar Engkel
  • Steker + Saklar

Fitting

Perangkat listrik ini merupakan tempat untuk menaruh lampu bohlam. Bentuknya bulat dengan lubang di tengahnya. Biasanya fitting ada dua macam, yakni berulir dan sumpit yang mana lampu tidak diulirkan melainkan ditusukkan ke tempatnya.



Cara Menggunakan Fitting

Fitting lapu biasanya diletakkan menggantung di plafon atau dinding. Untuk memasangkan lampu cukup memutarnya saja searah jarum jam dan sebaliknya untuk melepasnya.

Jenis Fitting Lampu

  • Fitting Lampu Plafon
  • Fitting Lampu Gantung
  • Fitting Lampu Kombinasi

Socket



Leave a Comment