Harga Triplek Berbagai Ukuran


Harga Triplek Berbagai Ukuran – Ketika melakukan pembangunan sebuah rumah, tentu kita akan membutuhkan bahan dengan kualitas terbaik untuk pembangunannya. Untuk dapat menentukannya maka dibutuhkan keterampilan dan kecermatan maksimal. Sama halnya dengan pemilihan triplek yang digunakan untuk plafon atau lainnya. Anda harus bisa memilih produk triplek manakah yang memiliki kualitas terbaik dan berapakah harga triplek tersebut.

triplek bangunan



Nah, untuk membantu Anda dalam memilih triplek dengan kualitas terbaik maka Anda bisa simak artikel ini sampai akhir. Pada kesempatan kali akan menjelaskan berbagai macam jenis triplek, cara memasang plafon triplek sampai dengan daftar harganya berbagai ukuran secara lengkap sehingga bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli produk triplek. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai triplek kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai sejarah triplek atau kayu lapis ini.

Baca juga: Harga Papan Aluminium

Apa Itu Triplek atau Kayu Lapis

triplek bangunan

Triplek atau kayu lapis memiliki sifat yang sangat fleksibel, bisa dibentuk, terjangkau, bisa didaur ulang dan pross pembuatannya pun bisa dibilang sangat mudah. Pada umumnya triplek dibuat dari kayu solid karena jauh lebih tahan dari retak, susut ataupun bengkok.



Lapisan kayu lapis atau yang biasa disebut dengan veneer biasanya direkatkan bersama dengan sudut urat (grain) yang bisa disesuaikan untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih kuat. Lapisan in biasanya akan ditumpuk dalam jumlah ganjil dengan tujuan agar tidak terjadi pembelokan (warping) dan dapat menciptakan konstruksi yang seimbang. Hal ini karena lapisan dalam jumlah genap hanya akan menghasilkan papan yang kurang stabil dan mudah sekali terdistorsi.

Sekarang ini kayu lapis sudah tersedia dalam berbagai macam ukuran ketebalan, mulai dari 0,8 mm sampai dengan 25 mm. Untuk kualitasnya sudah pasti juga berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa teknik pembuatan triplek sendiri sudah ditemukan sejak abad ke 17, namun baru abad ke 19 kayu triplek diproduksi secara komersial khusus untuk pembuatan peti teh.

Triplek atau kayu lapis yang digunakan untuk pembuatan peti teh mempunyai tiga lapisan sehingga biasa disebut dengan three-ply atau triplek di Indonesia. Namun sekarang ini triplek sudah banyak digunakan sebagai furniture hingga pekerjaan konstruksi bangunan.

Jenis-Jenis Triplek

Umumnya kayu yang digunakan dalam pembuatan triplek mempunyai 2 jenis, yaitu kayu lembut atau softwood dan kayu keras atau hardwood. Beberapa diantaranya adalah kayu sengon, tunas, pal, albasia, meranti dan masih banyak lagi lainnya. Untuk sifatnya memang sangat fleksibel sehingga tak heran jika banyak sekali fungsinya. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya mengenai fungsi dan beberapa jenis triplek tersebut:

  1. Melaminto

Triplek Melaminto

Jenis triplek pertama yang memiliki kualitas terbaik adalah melaminto. Triplek ini memiliki fungsi utama untuk memperindah tampilan sebuah papan kayu. Karena fungsinya untuk memperindah tampilan papan kayu inilah triplek melaminto kini biasa disebut sebagai decorative plywood.

Permukaan dari melaminto mempunyai tekstur yang cukup licin. Hal ini karena bagian permukaannya sudah dilapisi dengan polyester dan juga melamin. Apabila Anda penasaran maka Anda bisa mengecek bagian permukaan melaminto pada whiterboard atau pada lemari dapur.





Leave a Comment