Cara Menghitung Volume Pondasi


Cara Menghitung Pondasi – Bagaimana cara menghitung volume pondasi dengan matang? Berada pada bagian paling dasar, pondasi sendiri berfungsi untuk menopang berdirinya suatu bangunan. Oleh sebab itu, kekuatan pi dasi juga berpengaruh besar pada tingkat kekokohan, keamanan serta keawetan bangunan yang berdiri tegak di atasnya.



Dalam pembuatan pondasi sendiri, kita harus memperhitungkan aspek-aspek yang terkait dengan pembangunan dengan matang. Diantaranya adalah volume dari pondasi yang akan dibuat. Ini bertujuan supaya proses pembuatan pondasi dapat berjalan efektif.

pondasi rumah

Kali ini kita akan bahas mengenai cara menghitung volume pondasi batu kali atau yang biasa digunakan untuk dudukan rumah tinggal, struktur dinding penahan ataupun konstruksi yang lain. Pada umumnya perhitungannya menggunakan sistem volume m³, maka dari itu kita harus tahu total panjang dari pondasi serta luas penampangnya, yang dari luas penampang dikalikan panjang pondasi tersebut lah kita dapatkan jumlah m³. Berikut pembahasannya:

Baca juga: Pondasi Rumah 2 Lantai

Gambar Denah Pondasi Untuk Menghitung Panjang Pasangan Batu Kali

Panjang sisi tepinya adalah A+H+C+K = 5+12+5+12 = 34m



Leave a Comment