Desain Plafon Minimalis

Plafon Rumah Minimalis – Saat merancang interior ruangan, desain plafon rumah seringkali tidak diperhatikan. Padahal jika plafon rumah di desain dengan tepat maka bisa membuat tampilan rumah menjadi semakin indah dan menarik.

Plafon sendiri memang sangat jarang terlihat karena berada di atap bawah rumah, namun meskipun demikian plafon rumah harus memiliki desain yang seirama dengan interior rumah.

Model Plafon Minimalis

Sekarang ini sudah banyak sekali model plafon rumah minimalis yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi. Umumnya model plafon minimalis akan dibuat simple tetapi multifungsi. Nah, jika Anda ingin membangun rumah dengan konsep minimalis maka tak ada salahnya untuk menggunakan model plafon minimalis ini.

Baca juga: Harga Gypsum Board

Fungsi Plafon Rumah

plafon rumah

Pada dasarnya plafon rumah memiliki fungsi utama sebagai penutup dari struktur rangka atap, kumpulan kabel dan lain sebagainya. Supaya rumah terlihat semakin rapi dan indah maka beberapa meter di bawah rangka atap akan dibuat penutup yang disebut dengan plafon. Selain itu, plafon rumah juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara yang ada di dalam rumah.

Bahkan plafon selama ini juga dikenal sebagai pelindung rumah dari segala macam kebocoran. Tidak hanya itu saja, plafon ternyata juga dapat menambah nilai estetika rumah sehingga rumah akan menjadi nyman untuk ditinggali. Dengan memasang plafon minimalis maka rumah Anda akan semakin rapi sekaligus terlihat indah jika dipandang mata.

Keunggulan Menggunakan Plafon Minimalis

Sekarang ini model plafon minimalis sedang populer dan banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari penggunaan plafon minimalis :

  • Mudah Dipasang dan Diperbaiki

Model Plafon Minimalis Mudah Dipasang dan Diperbaiki

Model plafon minimalis umumnya tidak menggunakan bentuk bertingkat dan tidak dilengkapi dengan adanya ornamen-ornamen tambahan. Inilah yang membuat model plafon ini mudah untuk diperbaiki dan dipasang. Kebanyakan plafon rumah jenis ini lebih mengutamakan kualitas material yang digunakan daripada bentuk.

Maka tak heran jika plafon minimalis banyak digemari oleh masyarakat urban yang sangat malah untuk mengurusi masalah perbaikan dan pemasangan plafon rumah yang rumit dan memakan banyak waktu. Disamping itu, plafon minimalis ternata juga mudah untuk dibersihkan dan di cat ulang karena hanya menggunakan satu pilihan warna atau dua warna saja.

  • Dapat Menggunakan Berbagai Jenis Material

Plafon minimalis ternyata bisa dibuat dari berbagai macam material mulai dari yang lumayan mahal seperti pvc sampai dengan yang murah seperti material tripleks. Desain yang tidak terlalu rumit membuat jenis plafon rumah yang satu ini cocok pada berbagai macam tipe material yang ada di pasaran. Anda pun tidak perlu lagi membeli bahan khusus hanya untuk membuat plafon minimalis. Cukup dengan memilih material dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan rangka atap rumah.

  • Harga Terjangkau

Harga Plafon Minimalis Terjangkau

Karena mudah sekali dalam pemasangan dan bisa dibuat dari berbagai jenis material maka pembuatan plafon minimalis ini pun tidak memakan banyak biaya. Apabila Anda mempunyai budget lebih sebaiknya membuat plafon minimalis dari bahan dasar pvc. Namun jika budget yang sudah disiapkan sebelumnya masih pas-pasan, Anda bisa menggunakan bahan dasar gypsum atau bisa juga triplek karena sudah pasti jauh lebih murah.

Tips Memasang Plafon Rumah yang Baik dan  Benar

Tips Memasang Plafon Rumah yang Baik dan  Benar

Perlu Anda ketahui bahwa tinggi dan rendahnya plafon rumah bisa menentukan suasana di rumah, yaitu bisa menjadi semakin adem atau justru pengap. Supaya keberadaan plafon rumah nantinya bisa menciptakan suasana yang adem dan sejuk di dalam rumah, mari langsung saja simak tips dalam memasang plafon yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa atap rumah dalam kondisi yang tidak bocor. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika hujan tiba maka air tidak akan merusak plafon. Untuk mengecek adanya kebocoran atau tidak maka Anda bisa menyiramkan air ke atap.
  • Pemasangan plafon rumah sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang benar-benar berpengalaman dalam bidangnya supaya plafon rumah terpasang dengan benar dan kuat sehingga nantinya tidak akan mencelakakan penghuni rumah karena sudah pasti aman.
  • Usahakan untuk memasang penyangga plafon dengan kuat. Tujuannya adalah supaya plafon rumah tersebut tidak akan roboh di kemudian hari.

Inspirasi Desain Plafon Minimalis

Lalu apa saja desain plafon yang populer dan paling banyak diaplikasikan untuk rumah minimalis? Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh inspirasi desain plafon minimalis yang bisa diaplikasikan di rumah:

  1. Plafon Cermin

plafon minimalis cermin

Cermin yang dipasang di bagian dinding bisa membuat ruangan terlihat semakin luas. Sementara itu, plafon rumah yang berlapis cermin bisa menciptakan ilusi ruangan interior yang lebih tinggi. Pemasangan cermin bisa secara menyeluruh pada bagian plafon atau bisa juga membentuk cermin menjadi bulat, segitiga, dan kotak. Saat melakukan pemasangan plafon cermin ini harus hati-hati supaya cermin tidak pecah dan melukai pekerja.

  1. Plafon Berlapis

plafon minimalis berlapis

Anda bisa memadukan antara baberapa material untuk menciptakan kesan yang modern pada plafon. Misalnya saja dengan menggunakan material granit pada lapisan paling luar dan untuk bagian lapisan dalamnya bisa menggunakan material gypsum. Jika perlu tambahkan juga lampu dengan desain yang sangat unik di bagian tengahnya.

  1. Lebih Dinamis dengan Plafon Miring

Plafon Miring

Minimalis bukan berarti tidak bisa memberikan kesan dinamis. Anda bisa menerapkan desain plafon minimalis miring seperti gambar diatas. Untuk menciptakan kesan yang lebih dramatis maka Anda bisa melengkapinya dengan lampu LED pada celah antar panel plafon. Model plafon ini paling banyak digunakan karena terbilang sangat unik dan dinamis tanpa meninggalkan kesan minimalis.

  1. Desain Plafon Minimalis Polos

Desain Plafon Minimalis Polos

Siapa bilang plafon minimalis dengan desain yang polos tidaklah bagus? Desain plafon minimalis yang polos tanpa adanya polesan sama sekali justru akan memberikan kesan yang lebih rapi dan elegan pada hunian Anda. Desain plafon minimalis yang satu ini sangat cocok sekali untuk menciptakan kesan minimalis yang kuat pada rumah.

  1. Plafon Monokrom

Desain Plafon Minimalis Monokrom

Contoh desain plafon minimalis terakhir yang bisa Anda tiru adalah desain plafon monokrom. Desain plafon ini terkesan sangat unik dan cocok sekali bagi Anda yang menyukai warna monokrom. Plafon yang memiliki motif garis-garis dengan warna hitam putih ini sangat cocok dengan karakter Anda pecinta warna monokrom.

Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menambahkan aksen dan hiasan pada plafon karena plafon rumah monokrom ini sudah pasti akan membuat semua orang jatuh hati ketika pertama kali melihatnya. Plafon dengan model monokrom ini terbilang sangat baru namun sudah populer karena memang sangat unik.

Baca juga: Harga Triplek Berbagai Ukuran

Setelah melihat beberapa inspirasi desain plafon rumah minimalis diatas, desain plafon rumah manakah yang cocok dengan karakter rumah minimalis Anda? Model desain plafon apapun itu yang Anda pilih usahakan harus disesuaikan dengan karakter bangunan rumah terlebih dahulu.

Leave a Comment