Harga Plat Besi Berbagai Ukuran


Harga Plat Besi Berbagai Ukuran –  Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bahan material yang sangat penting dalam dunia konstruksi, yaitu plat besi.  Kegunaan plat besi bisa dibilang  memang sangat vital terutama untuk pembangunan jalan yang biasa dilalui oleh alat berat, pembuatan stamping dan lain sebagainya.

Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan masalah kualitas sebelum melakukan pembelian.



plat besi

Harga plat besi yang dijual di pasaran sendiri sangat bervariasi. Hal ini ini karena tergantung dari ukuran dan juga tingkat ketebalannya. Semakin besar ukuran yang dipilih maka akan semakin mahal pula harga plat besi tersebut.

Nah, jika Anda sedang mencari plat besi untuk konstruksi Anda, kami disini akan memberikan informasi mengenai harga plat besi secara lengkap berdasarkan spesifikasinya sehingga bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi sebelum melakukan pembelian. Silahkan langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini untuk lebih jelasnya.



Baca juga: Harga Plat Bordes

Pengertian dan Kegunaan Plat Besi Hitam

Plat Besi Hitam

Plat besi hitam merupakan sebuah material bangunan penting yang dibuat dari bahan dasar besi atau baja berwarna hitam yang memiliki bentuk lembaran datas dan rata dengan tingkat ketebalan mulai dari paling tipis sampai tebal. Pada umumnya, ukuran standard yang dimiliki oleh plat besi atau baja hitam ini adalah 4ft x 8ft (122cm x 244cm).

Plat besi atau baja hitam memiliki fungsi yang cukup banyak, salah satunya biasa digunakan sebagai alas permukaan yang kurang rata sehingga nantinya akan menjadi halus dan rata. Bahkan plat besi atau baja hitam sekarang juga banyak digunakan untuk pembuatan rangka, stamping dan lainnya.

Jika dilihat sekilas memang memiliki tampilan seperti lembaran tripleks kayu. Tetapi dari segi kekuatannya sudah pasti lebih tinggi karena materialnya dibuat dari besi atau baja yang sangat kuat dan kokoh sehingga tak heran jika sering digunakan sebagai penyambung konstruksi profil.

Plat besi atau baja hitam mempunyai beberapa spesifikasi. Namun yang umumnya dijual di Indonesia adalah JIS G3131 SPHC, HRC Hot Rolled Coil, JIS G3101 SS400 dan ASTM 136. Tidak hanya dari produk lokal saja, ternyata ada juga plat besi atau baja hitam yang merupakan produk impor dan sangat diminati.

Kelebihan dan Kekurangan Plat Besi

Kelebihan dan Kekurangan Plat Besi

Plat besi yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan mempunyai beberapa kelebihan dan kelebihan. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh plat besi adalah sebagai berikut ini:



Kelebihan Plat Besi

  • Dibuat dari bahan utama baja yang sangat kuat dan kokoh
  • Memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap korosi
  • Plat besi atau plat hitam ini sudah SNI sehingga kualitasnya sangat baik dan terjamin
  • Sangat cocok untuk digunakan pembangunan jalan yang biasa dilalui oleh alat-alat berat
  • Penggunaannya sangat awet dan mampu tahan lama

Kekurangan Plat Besi

  • Karena memiliki kualitas yang sangat baik maka harga plat besi ini cenderung mahal
  • Dibutuhkan pengerjaan yang sangat teliti dan rumit karena memiliki ukuran yang sangat lebar dan berat
  • Proses pengerjaan juga membutuhkan waktu yang sangat lama karena harus dilakukan secara teliti dan hati-hati
  • Sekarang ini di pasaran banyak beredar plat besi hitam yang tidak SNI sehingga sangat dibutuhkan ketelitian dan kejelian ketika melakukan pembelian agar mendapatkan kualitas yang baik

Berbagai Jenis Plat Besi

Plat besi yang beredar di pasaran memiliki banyak macam jenisnya. Setiap jenis tersebut sudah pasti memiliki perbedaan masing-masing. Adapun jenis-jenis plat besi adalah sebagai berikut ini:

  1. Plat Besi Aluminium

Plat Besi Aluminium

Jenis plat besi yang pertama adalah plat besi aluminium. Plat besi aluminium mempunyai bobot yang terbilang ringan tetapi sangat kuat. Selain itu, plat besi aluminium juga mempunyai sifat anti karat, tidak mudah terbakar dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap perubahan segala macam jenis cuaca.

Plat besi aluminium mudah sekali untuk dibentuk sehingga kini banyak digunakan dalam berbagai macam bidang industri seperti kebutuhan advertising dan lainnya. Ada dua macam jenis aluminium yang bisa menghantarkan listrik dan aluminium tempa yang mempunyai kekuatan tarik.



Bahan aluminium sendiri merupakan konduktor listrik yang mampu menghantarkan listrik dengan sangat baik. Plat besi yang satu ini mempunyai kekurangan yang dimana kurang tahan terhadap zat asam dan bahan alkalis seperti sabun dan soda. Harga jualnya cukup terjangkau sehingga banyak produsen yang menggunakan bahan ini sebagai bahan dasar produksinya.



Leave a Comment