Harga Thinner Cat Semua Jenis

Harga Thinner Cat – Bagi Anda yang sekarang ini memiliki rencana untuk melakukan pengecatan maka penting sekali untuk mengenali lebih jauh mengenai thinner. Thinner dalam pengecatan berfungsi untuk mempengaruhi sisi pengeringan, kekilapan dan kekentalan sebuah cat.

Dalam penggunaanya sendiri, pengaplikasian cat yang menggunakan thinner umumnya digunakan untuk besi, kayu, plastik, dinding dan lain sebagainya yang membutuhkan proteksi berbentuk glossy untuk selalu menjaga warna dan ketahanan cat dalam jangka waktu yang cukup lama.

cairan thinner

Penggunaan thinner sebagai bahan campuran cat harus sesuai dengan ukuran yang benar. Hal ini sangat penting sekali karena memang bertujuan untuk menjaga warna supaya tetap terjaga alias tidak mudah pudar. Meskipun ada beberapa cat tembok yang tidak perlu menggunakan campuran thinner tetapi penggunaan thinner merupakan pilihan yang paling tepat bagi Anda yang menginginkan cat menjadi lebih cepat kering dan bisa melekat di tembok dengan baik.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lebih detail mulai dari fungsi, cii-ciri, jenis, dan daftar harganya yang kemungkinan bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli thinner sebagai bahan campuran cat.  Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Harga Cat Kayu Dan Besi

Fungsi Thinner

Fungsi Thinner

Secara umum thinner memiliki fungsi utama untuk mengencerkan bahan atau cat kental yang ingin diaplikasikan dengan menggunakan kuas ataupun alat penyemprot. Alat kuas atau penyemprot merupakan sebuah alat yang dipakasi untuk menjadi finishing berbagai jenis benda atau media.

Oleh karena itu, sebelum melakukan proses pengecatan maka penting sekali untuk mengencerkan cat terlebih dahulu agar viskositas turun sehingga naninya cat dapat diplikasikan dengan mudah.

 Fungsi Thinner

Bahkan thinner juga dapat mengatur sifat warna cat yang ingin digunakan sehingga nantinya bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Penggunan thinner untuk keperluan finishing seperti cat kayu bisa mempercepat proses keringnya cat tersebut. Selain itu, thinner juga dapat menyesuaikan ketebalan cat yang sesuai dengan yang Anda inginkan pada sebuah objek. Adapun fungsi thinner cat lainnya adalah sebagai berikut:

  • Thinner dapat digunakan sebagai pembersih bekas cat yang kurang rapi.
  • Bisa digunakan untuk membersihkan besi yang sudah berkarat.
  • Memiliki fungsi sebagai bahan dasar pengkilap.
  • Campuran beraneka macam cat.
  • Sebagai bahan pelarut.

Ciri-Ciri Khas Thinner

Ciri-Ciri Khas Thinner

Thinner memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan cairan cat lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri khas cairan thinner yang perlu Anda ketahui:

  • Ciri khas cairan thinner adalah memiliki warna putih bersih sehingga terlihat seperti air.
  • Thinner memiliki bau yang terbilang sangat menyengat sehingga tidak bisa digunakan dengan sembarangan dan bahkan penyimpanannya harus benar.
  • Dalam cairan thinner terdapat kandungan kimia berbahaya yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Jenis-Jenis Thinner

Ada banyak sekali jenis cairan thinner yang bisa kita temukan dengan mudah di pasaran. Setiap jenis thinner memiliki perbedaan masing-masing sehingga Anda harus tahu jenis thinner manakah yang ingin digunakan. Namun yang jelas pemilihan jenis thinner harus sesuai dengan kebutuhan cat rumah dan jangan sampai salah pilih. Berikut ini adalah beberapa jenis thinner yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan:

  1. Thinner Nitro Cellulose

Thinner Nitro Cellulose

Thinner nitro cellulose merupakan salah satu jenis thinner yang umumnya digunakan sebagai bahan campuran cat jenis nitro dan juga perni. Bahkan tak jarang jenis thinner yang satu ini juga dapat digunakan untuk beberapa bahan campuran yang lainnya. Thinner nitro cellulose juga biasa disebut dengan thinner super, thinner A dan banyak juga yang menyebutnya thinner ND.

  1. Thinner Polyurethane

Thinner Polyurethane

Thinner polyurethane ini merupakan cairan thinner yang paling banyak digunakan dan tersedia dalam dua macam jenis yaitu thinner PU dan thinner PU Slow. Jenis ini menjadi pilihan utama dan banyak dipilih oleh masyarakat karena menawarkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis thinner yang lainnya.

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh thinner polyurethane adalah mempunyai tingkat kekilapan yang jauh lebih lama daripada jenis lainnya. Dengan demikian thinner ini bisa membuat cat menjadi tahan lama. Thinner polyurethane ini lebih cocok untuk digunakan sebagai campuran cat kayu.

  1. Thinner Impala

Thinner Impala

Thinner impala adalah sebuah jenis thinner yang mempunyai warna hijau mengkilap. Jenis thinner ini sudah lama populer dan juga banyak digunakan. Kebanyakan orang menyebut thinner impala ini sebagai thinner impala hijau. Thinner ini lebih banyak digunakan oleh konsumen tanah air.

Thinner impala selalu menjadi pilihan utama bagi orang indonesia karena thinner ini sangat terkenal akan kelebihannya yang mampu memberikan efek warna glossy pada hasil finishing. Jenis thinner ini juga bisa membuat warna cat tidak mudah pudar meskipun digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Thinner Cobra

Thinner Cobra

Thinner cobra telah hadir dengan performanya yang sangat mumpuni sebagai bahan campuran untuk cat rumah. Pada umumnya jenis thinner cobra ini digunakan khusus untuk mengencerkan cat duco dan juga cat minyak.

Thinner cobra tersedia dalam berbagai macam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Sama dengan jenis thinner impala, cairan thinner cobra ini mampu menghasilkan warna yang lebih glossy dan bisa membuat cat tembok menjadi semakin tahan lama.

Catatan Penting!

Jika Anda sudah membeli cairan thinner dan ingin melakukan proses pengecatan, maka Anda harus memperhatikan masalah keselamatan pribadi ataupun pekerja. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa dalam cairan thinner terdapat kandungan yang berbahaya.

Jadi jika bahan kimia yang ada di dalam thinner terhirup secara langsung baik itu sengaja ataupun tidak sengaja maka bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pernafasan. Maka dari itu, Anda pribadi ataupun para pekerja sangat disarankan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD).

Anda bisa menggunakan APD yang mudah untuk ditemukan seperti misalnya masker, pelindung tangan, baju dan lain sebaginya yang menurut Anda aman dari cipratan atau udara dari cairan thinner.

Baca juga: Harga Cat Minyak

Harga Thinner Di pasaran

harga thinner

Setelah mengetahui tentang thinner, selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai harga thinner. Harga thinner sangat beragam karena tergantung dari merk dan ukuran yang dibeli. Dengan jenis dan ukuran yang sangat beragam maka cairan thinner bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Berikut ini adalah daftar harga cairan thinner secara lengkap dari berbagai jenis dan merk:

PRODUK HARGA
THINNER IMPALA 5 LITER RP 96.000
THINNER IMPALA 1L RP 24.000
BINTANG THINNER A SPECIAL 1LITER RP 36.000
EMCO THINNER A SPECIAL SUPER HIGH GLOSS RP 33.000
THINNER THINER AVIA A SPESIAL 0,5LITER PENGENCER CAT BESI KAYU DUCO RP 20.000
THINNER BELKOTE PU SLOW DRY REDUCER 1L RP 45.000
THINNER PU AUTOGLOW VS41 03910 1 LITER RP 43.000
THINNER DANAGLOSS PU 1 LITER RP 47.000
THINNER AUTOBRIGHT PU 1 LITER RP 30.000
PROPAN THINNER POLYURETHANE (PU) – 3,8 LITER RP 175.000
AVIAN THINNER ENAMEL 1 LITER RP 33.000
THINNER B SYNTHETIC MERK GURITA KEMASAN BOTOL 0.4 LITER RP 10.000
THINNER B ASLI 1 LITER – AVIAN RP 26.000
EMCO THINNER B – 0.5 LITER RP 13.000
THINNER IMPALA ND MERAH GALLON 4 LITER RP 87.000
THINNER COBRA HITAM KALENG 5 LITER GALON RP 116.000
THINNER/TINER ND COBRA MERAH 1LTR RP 27.000
COBRA THINNER ND 4 LT / THINNER COBRA MERAH RP 79.000
THINNER COBRA HITAM 1 LITER THINER ND SUPER GLOSS HASIL PALING BAIK RP 31.000
THINNER SSK MERAH KEMASAN 0.8 LITER ND SUPER RP 21.000
THINNER KANGAROO ND GALON RP 72.000
THINNER GESSO – 1 LITER – THINNER ND SUPER RP 41.000
THINNER LABA HIJAU 1 LITER THINER ND SUPER GLOSS RP 26.000
THINNER PIOONER ND MERAH / THINNER ND RP 17.000
THINNER ND BOTOL RP 8.000
THINNER NISSAN LUX 2000 ND 0,7 LITER RP 23.000
MAESTRO THINNER ND 1 LT RP 21.000
THINNER ND JERIGEN 20 LITER RP 215.000
THINNER ND SUPER CAMPURAN CAT MINYAK 1 KG RP 19.000
THINNER DX ND SUPER KOMPAN 5 LITER RP 73.000
THINNER TAWON MERAH 1 LITER THINER ND SUPER GLOSS CAMPURAN CAT DUCO RP 21.000

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai daftar harga cairan thinner semua jenis secara lengkap. Semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat.

Perlu diketahui bahwa harga thinner yang kami sampaikan diatas bisa saja berbeda tergantung dimana kota Anda tinggal dan penjual. Namun yang pasti daftar harga diatas tidak akan berbeda jauh sehingga bisa dijadikan sebagai patokan sebelum membeli material thinner.

Leave a Comment