Harga Paving Block Per Meter


Harga Paving Block Per Meter – Membahas mengenai material bangunan, ada banyak sekali jenisnya. Salah satu material bangunan yang memiliki peran cukup penting untuk digunakan di halaman rumah adalah paving block. Selain digunakan di halaman rumah, paving block umumnya juga digunakan untuk area taman atau jalan tertentu.

paving block



Mungkin Anda pernah melihat suatu jalan beralaskan batu yang tersusun dengan rapi, bahkan ada pula yang membentuk motif secara melingkar dan meliuk dengan beraneka macam warna. Nah, itulah yang disebut dengan paving block. Paving block sendiri memiliki banyak macam jenisnya. Setiap jenis paving block sudah pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lanjut mengenai paving block, berikut ini kami akan menjelaskannya secara lengkap mulai dari penjelasan, kelebihan,  jenis-jenis sampai dengan harga paving block.

Baca juga: Harga Kanstin Taman

Apa itu Paving Block?

Apa Itu Paving Block?



Paving block atau yang biasa disebut dengan bata block merupakan produk beton memiliki bentuk blok kecil dan disusun di atas tanah. Tujuan pemasangan paving block adalah membuat jalan lebih padat, keras dan juga rata. Sedangkan untuk penggunaan paving block di rumah maka akan lebih cocok jika digunakan pada halaman rumah atau area taman.

Paving block yang dipasang di halaman rumah berfungsi untuk mencegah genangan air karena memiliki sifat yang menyerap air sampai dengan 60%. Maka dari itu, jika musim hujan tiba maka Anda tidak perlu bingung lagi dengan adanya genangan air di halaman rumah. Dengan begitu maka secara tidak langsung paving block akan menjaga ketersediaan air tanah yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelebihan Paving Block

Kelebihan Paving Block

Paving block memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan beton readymix dan aspal. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh paving block adalah sebagai berikut ini:

  1. Daya Serap Air

Paving block mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam menyerap air jika dibandingkan dengan aspal. Proses penyerapan air biasanya akan dilakukan melalui celah di antara susunannya. Hal ini tentunya juga akan sangat baik untuk selalu menjaga keseimbangan air tanah dalam menopang bangunan yang ada di sekitarnya.

  1. Ringan

Berat yang dimiliki oleh paving block ini terbilang sangat ringan, bahkan jauh lebih ringan daripada cor beton dan aspal. Hal inilah yang membuat paving block menjadi penopang utama dengan tujuan supaya pondasi rumah nantinya selalu dalam keadaan seimbang, stabil, tidak goyah dan bahkan tidak akan mengalami keretakan.

  1. Harga Lebih Murah dan Awet

Harga paving block jauh lebih murah dan ekonomis jika dibandingkan dengan material lainnya terutama aspal. Namun harga paving block tersebut tergantung dari kualitas, tipe dan juga model paving yang Anda pilih.



Selain itu, aspal sendiri sangat mudah terkelupas dan rusak jika sering tergenang oleh air. Hal ini tentunya berbeda dengan paving block karena material ini mampu bertahan hingga 5 tahun lebih lamanya. Sementara aspal dalam kurun waktu 2 tahun saja sudah banyak berlubang. Jadi bisa disimpulkan bahwa penggunaan paving block jauh lebih awet daripada aspal.

  1. Proses Pemasangan yang Mudah

Ketika melakukan pengaspalan atau betonisasi jalan tentu Anda akan membutuhkan beberapa alat berat dan bahan yang diperlukan untuk membuat adukan material-materialnya. Hal ini tidak akan Anda jumpai jika Anda melakukan pengerasan dengan menggunakan paving.

Pemasangan paving block tidak terlalu rumit dan mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan Anda bisa mempelajarinya sendiri dengan melalui artikel dan video tutorial. Namun jika Anda masih ragu kami sarankan untuk menyewa jasa tukang.

  1. Mudah dalam Perawatan dan Perbaikan

Pada umumnya bahan bangunan tidak mampu bertahan dengan sempurna dalam kurun waktu lebih dari 5 tahun. Hal ini juga berlaku pada paving block meskipun material yang satu ini terbilang sangat awet.



Namun jika misalnya nanti terjadi kerusakan pada paving block maka Anda bisa menggantinya dengan sangat mudah. Tinggal Anda ganti material paving block yang sudah rusak tersebut dengan material yang masih utuh atau baru. Untuk penggantiannya pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.



Leave a Comment