Desain Kolam Ikan Minimalis


Desain Kolam Ikan – Halaman rumah pastinya dapat anda memanfaatkan untuk menghias bagian depan rumah anda. Salah satu pemanfaatan halaman rumah adalah dengan membuat kolam  ikan cantik dan minimalis. Selain dapat memberikan nuansa air yang segar di halaman rumah anda, kolam ikan juga akan membuat penampilan rumah anda menjadi lebih indah dan cantik.

Terlebih lagi jika  anda membuat air mancur di kolam ikan tersebut, tentunya suara percikan air di dalam kolam tersebut akan membuat suasana halaman rumah anda menjadi nyaman dan pikiran anda yang semula sangat lelah menjadi segar kembali setelah anda melakukan aktivitas seharian.



Untuk membuat kolam ikan minimalis, anda bisa membuatnya sendiri dengan referensi dari majalah ataupun internet.

Baca juga: Pompa Air Tanpa Listrik

Membuat Kolam Ikan Minimalis

Sebelum akan memulai membuat kolam ikan minimalis, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, antara lain :



  • Membuat desain kolam

Sebelum membuat kolam minimalis, anda harus terlebih dahulu menentukan desain yang akan anda gunakan pada kolam ikan di rumah anda. Sebagai gambarannya, anda bisa mencarinya di internet ataupun majalah-majalah dekorasi rumah.

Anda juga  bisa memilih  desain yang sesuai dengan keinginan anda, tetapi desain tersebut juga harus sesuai dengan desain dan bentuk rumah anda. Untuk kolam ikan minimalis, anda bisa menggunakan bentuk kotak atau segi empat.

  • Menentukan ukuran kolam ikan

Setelah memilih desain kolam ikan minimalis, anda juga harus memperhatikan ukuran dari kolam ikan yang akan anda buat. Karena ukuran kolam ikan yang akan anda buat dapat mempengaruhi tampilan dan keserasiannya dengan rumah anda.

Biasanya  kolam ikan minimalis menggunakan ukuran kolam yang tidak terlalu besar (sedang). Cukup simpel, indah dan cantik saja dapat membuat tampilan rumah anda menjadi sangat menarik. Apabila halaman rumah anda memanjang, anda juga dapat membuat ukuran kolam ikan menjadi ikut memanjang.

Selain ukurannya, posisi penempatan kolam ikan juga harus strategis supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari anda dirumah.

  • Menentukan bahan pembuat kolam ikan

Pemilihan bahan kolam ikan juga penting  karena bahan kolam yang bagus dapat membuat kolam menjadi tahan lama dan kokoh walaupun memerlukan biaya yang relatif mahal.



Hindari menggunakan bahan-bahan yang membutuhkan perawatan sulit karena akan menyusahkan anda. Selain itu, anda juga bisa menambahkan komponen yang lainnya seperti batu alam supaya kolam ikan anda tidak terlalu monoton.

  • Menentukan isi kolam

Setelah ketiga hal tersebut anda tentukan, saatnya anda mulai memikirkan kira-kira apa saja yang akan menjadi penghuni kolam ikan anda. Baik itu jenis dan ukuran ikan ataupun komponen tambahan di dalam kolam.

Bila anda membuat kolam ikan minimalis cantik, sebaiknya pilih jenis ikan ikan yang kecil dan mungil sebagai penghuni kolam anda.



Leave a Comment