Harga Besi UNP Per Batang

Besi UNP Per Batang – Apabila anda sudah terlibat dalam proyek konstruksi bangunan, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya besi UNP. Item ini sering kali dimanfaatkan dalam perusahaan manufaktur, mesin serta konstruksi sipil.

Akan tetapi, bila anda baru saja terjun dalam dunia konstruksi, maka sudah seharusnya anda memahami terlebih dahulu apa itu besi kanal UNP yang biasanya disebut dengan istilah U-channel, kanal U ataupun profil U. Untuk penjelasan berikutnya, diharapkan bisa membantu anda saat diber tugas untuk mungkin mencari, membeli ataupun membandingkan harga besi UNP ini dari tok satu ke toko yang lainnya.

Soal harga besi UNP ini, biasanya harga akan disesuaikan dengan ukuran besi yang anda ataupun konstruksi butuhkan. Tiap vendor ataupun toko material yang menjualnya pun pasti memiliki harga yang berbeda untuk besi UNP yang mereka sediakan.

Untuk ukurannya, besi kanal UNP terkecil mempunyai panjang sekitar 50 mm, sementara untuk yang paling panjang bisa mencapai 320 mm. Yang pasti, besi UNP yang nantinya akan anda beli haru memiliki label SNI. Seperti besi yang lainnya, harga dari besi UNP pun dapat berubah sewaktu waktu. Hubungi kami segera untuk mendapatkan informasi harga terbaru dari besi UNP ini.

Baca juga: Harga Pipa Besi

Tabel Berat dan Ukuran Besi UNP

Ukuran H x B x t Panjang (m) Berat (kg)
50 x 38 x 5mm 6 33,5
65 x 42 x 5,5mm 6 42,5
75 x 40 x 5mm 6 41,5
80 x 45 x 5mm 6 47,0
100 x 50 x 6mm 6 56,2
120 x 55 x 6mm 6 75,0
125 x 65 x 6mm 6 80,4
140 x 60 x 7mm 6 96,0
150 x 75 x 6,5mm 6 112,0
180 x 75 x 7mm 6 128,0
200 x 80 x 7,5mm 6 148,0

Cara membaca tabelnya : Tinggi H (mm) x Lebar B (mm) x Tebal t (mm) x Panjang (m)

Pengertian dan Fungsi Besi Baja UNP

Besi UNP atau kanal U ini merujuk pada bentuknya yang mirip huruf U. Bentuknya tersebut yang menjadikan kanal U lebih mudah dikenal dari sekian banyak jenis besi baja yang dipakai dalam dunia konstruksi serta perancangan. Jadi harusnya, anda tak akan mengalami kesulitan dalam mengenali besi UNP utamanya saat akan membeli besi UNP ini di toko-toko material ataupun toko bangunan.

Sementara kegunaan dari besi kanal UNP inipun bisa anda prediksi sendiri, melihat dari bentuk serta pengertiannya. Dalam perancangan bangunan ataupun konstruksi yang lainnya, jenis besi baja ini memiliki peran utama sebagai terusan ataupun penyambung. Pemanfaatannya bisa anda lihat pada kebutuhan purlin, yaitu untuk balok yang menutupi dudukan atap.

Lalu, profil U juga sering kali berguna sebagai elemen yang memegang girts atau penutup dinding. Dalam beberapa kasus, besi UNP juga digunakan sebagai rangka untuk komponen arsitektural, member atau anggot truss, struktur tangga hingga karoseri (penutup kerangka pada mobil).

Baca juga: Harga Besi CNP per Batang

Mengenal Besi untuk Konstruksi

Berbagai produk yang dijual di Indonesia, tak terkecuali bahan bangunan harus memenuhi kualifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini juga berlaku untuk besi kanal UNP. Anda bisa mencermati dimensi besi UNP untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan SNI atau tidak. Sebab SNI sudah memberikan anjuran mengenai toleransi dimensi yang bisa diterima.

Besi baja yang tidak memenuhi standar SNI memiliki beberapa sebutan. Di antaranya besi non SNI, besi non-full, sampai besi banci. Alasannya besi tersebut diragukan keasliannya. Biasanya besi non SNI ini memiliki target pasar tersendiri, seperti proyek bangunan pribadi. Harga besi non SNI memang lebih murah, namun sebaiknya dihindari karena belum teruji kualitasnya.

Harga Besi UNP

Leave a Comment