Harga Hpl Taco Per Lembar Terbaru Juli 2019 Di Pasaran

Harga Hpl Taco – HPL merupakan kependekan atau singkatan dari High Pressure Laminate adalah lapisan luar atau finishing sebuah furniture yang sangat umum dan biasanya banyak digunakan oleh para Vendor oleh sebab peberapan dari HPL ini terbilang sangat mudah dan biayanya juga sangat terjangkau oleh semua kalangan. HPL sendiri terbuat dari bahan sintetis yang bisa dibilang cukup kuat sebagai lapisan akhir atau sebagai finishing.

Jenis dari HPL ini sangat umum dan telah banyak digunakan oleh pemilik label, oleh karena itu sekarang sudah banyak sekali varian dan warna yang bisa ditemui dan didapat di pasaran, mulai dari serat kayu, glossy, model granit, warna solid, tekstur, logam dan masih banyak yang lain dan pastinya bisa anda dapatkan dengan mudah sebagai finishing furniture anda nanti.

Saat ini berbagai macam interior baik itu furniture, kitchenset ataupun ornamen di dinding sudah banyak menggunakan material pelapis sintetis. Material pelapis sintetis sendiri ada beragam jenisnya, seperti misalnya viconsit, tacosheet, vinil dan juga termasuk didalamnya adalah HPL. HPL sendiri bisa dibilang berfungsi sebagai pelapis yang sudah sangat umum digunakan sebab tahan lama serta terdapat bermacam-macam jenis dan warnanya.

Harga dan ketebalan dari HPL ini juga sangat bervariasi. Ketebalannya sendiri tersedia mulai dari yang 0,8 mm sampai dengan 1,5 mm dengan dimensi lebarnya 122 cm dan dimensi panjangnya 244 cm. Memang merk HPL yang banyak beredar di pasaran sudah sangat banyak dan juga beragam. Tetapi pemimpin pasar HPL adalah merk taco HPL yang memang kualitasnya prima namun harganya masih terjangkau.

Untuk merk lain yang tersedia adalah Grasmerino, Artform, Arborit, Violam dan ORI. Merk-merk tersebut juga telah memiliki beberapa grade, bahkan untuk merk yang telah mapan seperti TACO pun juga telah menyediakan merk lain yang lebih murah, ECO HPL misalnya.

HPL mempunyai kelebihan yaitu pengerjaannya yang lebih bersih dibandingkan menggunakan cat duco atau sanding, sebab material ini di lem pada multipleks. Bagi para pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini mempunyai keunggulan yaitu lebih bersih dan cepat. HPL juga memiliki varian produk edging yang bisa mempermudah pengerjaan furniture pada bagian pinggir yang tipis.

Kelebihan HPL

  1. Prosesnya cukup praktis, bisa dilakukan tanpa finishing tukang semprot. Jadi lebih mudah dan cepat pengerjaannya.
  2. Cost serta biayanya lebih rendah.
  3. Furniture yang menggunakan finishing HPL tidak lagi memerlukan tukang khusus untuk finishing, cukup perlu tukang kayu saja.
  4. Warna dan motif furniture akan sama, tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
  5. Memiliki banyak sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
  6. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray.
  7. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
  8. Lebih bersih dalam aplikasinya.
  9. Ketahanan yang lebih baik terhadap panas, goresan, zat kimia.
  10. Relatif lebih murah.

Kekurangan HPL

Namun disamping kelebihan-kelebihan tersebut, ada pula kelemahan material HPL ini, antara lain:
  1. Pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, misalnya sudut lengkung dengan jari-jari 5cm. Karena itu biasanya bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.
  2. Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya.
  3. Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati akan meningkatkan biaya produksinya.
  4. Lapisan HPL sering lepas jika proses lem nya tidak sempurna
  5. Tampilan HPL tidak semewah Cat Duco.
  6. Dibanding Decosit, HPL sedikit lebih mahal.
  7. Bagian edging harus difinishing lagi.
  8. Kurang natural dibandingkan cat melamik, dimana cat melamik dapat menampilkan keaslian motif urat kayu dari material kayu yang dipakai.

Harga HPL Per Lembar 2019

Harga HPL sangat bervariasi tergantung merek dan tipenya, sebagai gambaran berikut ini adalah Update Harga HPL yang kami dapatkan dari beberapa sumber:

MERK KODE HARGA
Taco HPL AA / B / H Putih Rp 95.000,-
Taco HPL AA / B / H Polos Rp 115.000,-
Taco HPL AA / B / H Warna Kayu Rp 140.000,-
Taco HPL AD / G Dove Polos Rp 128.600,-
Taco HPL D / G Gloss Polos Rp 129.600,-
Taco HPL Solid Brush Rp 205.600,-
Taco HPL Tekture Rp 206.600,-
Taco HPL New Texture Rp 204.600,-
Taco HPL Vir Line Rp 207.600,-
Taco HPL Floral (BU) Rp 203.600,-
TACO ASIAN OAK – TH 262 B – WOODGRAIN Rp 164.600,-
TACO LIGHT GREY GLOSS – TH 014 G Rp175.350
TACO SAGRADA – TH 1241 FC – PATTERN Rp 183.750,-
TACO LIGHT PESARO – TH 864 JG – WOODGRAIN GLOSS Rp206.600
TACO GOLDEN FOIL – TH 610 AL – PATTERN TEXTURED Rp 243.600,-
ECO WOODGRAIN ECO 001 Rp 114.300,-
ECO WOODGRAIN ECO P 042 Rp 116.300,-
ECO SOLID ECO 006 Rp 100.200,-
ECO WOODGRAIN ECO P 058 RL Rp 155.100,-
APP TIMBER H NATURAL ZEBRAWOOD (SUEDE) Rp 199.400,-
APP TIMBER FUMED MAPLE (RAW VENEER) Rp 272.400,-

Leave a Comment