Cara Menghitung Luas Tanah


Cara Menghitung Luas Tanah m2 – Bisnis bidang properti sekarang ini nampak semakin maju ditambah lagi dengan makin banyaknya pengembang yang membuka perumahan baru yang bisa ditemui di berbagai daerah. Selain perumahan, bisnis penjualan rumah serta lahan bisa dibilang juga cukup ketat, apalagi dengan banyaknya pengembangan dari lahan yang dijadikan ruko atau berbagai kegunaan yang lain.



Dalam membeli lahan, pastinya kita butuh mengetahui berapa luas tanahnya, sebab itu kali ini kita akan mengulas bagaimana cara menghitung luas tanah yang mempunyai bentuk tidak beraturan yang dapat dihitung secara manual dengan menggunakan rumus segitiga ataupun dengan memanfaatkan software yang ada, seperti misalnya autocad.

menghitung luas tanah

Untuk mengukur luas tanah yang tidak beraturan, cara yang dilakukan adalah dengan mengukur sudut-sudut titik pojok dari petak tanah di awal pengukuran atau juga bisa dengan membuat garis tegak untuk garis bantu dalam proses pengukuran terlebih dahulu, lalu kemudian ukur jarak atau titik sudut garis bantu. Pengukuran tanah ini adalah dasar data dalam membuat gambar lahan tanah.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan

Cara 1

Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan Dengan Rumus Segitiga

Untuk mengukur luas tanah yang memliki bentuk lahan tidak beraturan bisa dengan menggunakan metode rumus segitiga. Untuk lebih jelasnya, kita bisa membuat gambar tanah yang akan diukur terlebih dahulu serta diberi garis bantu pembagian segitiga yang nantinya akan dihitung luasnya satu persatu lalu dijumlahkan deluruh pembagian segitiga tersebut untuk mendapat luas keseluruhan tanah.

Pada gambar pembagian tanah diatas terdapat 5 segitiga tidak beraturan yang dapat kita hitung luasnya dengan rumus segitiga tidak beraturan.

  • s = (a+b+c) : 2
  • L = akar [s x (s-a) x (s-b) x (s-c)]

Dimana :

  • s = setengah keliling segitiga, abc merupakan panjang sisi-sisi segitiga.
  • L = luas segitiga.

Kita mulai berhitung. Untuk luas segitiga 1 :

  • s = (3+5+5,960) : 2 = 6,9780
  • L = akar [6,9780 x (6,9780-3) x (6,9780-5) x (6,9780-5,9560)] = 7,4909 m².

Atau untuk lebih mudahnya kita gunakan software excel untuk kalkulatornya.

Jadi total luas tanahnya adalah 7,4909 + 27,5465 + 26,8069 + 24,3133 + 9,8943 = 96,05 m²

Contoh Menghitung Luas Tanah Tidak Beraturan



Leave a Comment