Harga Pagar Besi Per Meter


Harga Pagar Besi Per Meter – Pagar rumah merupakan salah satu komponen penting yang wajib Anda miliki ketika sedang membangun rumah. Hal ini karena pagar rumah memiliki banyak sekali fungsinya, terutama untuk menjaga keamanan rumah agar terhindar dari tindakan kejahatan seperti pencurian. Disamping itu, jika Anda memiliki anak kecil maka pagar rumah akan berfungsi untuk menghalangi anak supaya tidak keluar rumah sehingga akan aman.

Di lingkungan perkotaan, seringkali kita jumpai rumah-rumah yang lebih banyak menggunakan pagar besi meskipun banyak pula rumah yang menggunakan jenis pagar lainnya seperti pagar kayu, beton, batu alam dan lain sebagainya.



Namun penggunaan pagar besi atau yang biasa disebut dengan besi hollow selalu menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang karena memiliki tampilan yang sangat menarik dan mampu tahan lama. Dilihat dari segi harganya, harga pagar besi sangat bervariasi tergantung pada tingkat ketebalan dan juga ukuran dimensinya.

 

pagar besi



Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai daftar harga besi per meter untuk dijadikan sebagai bahan referensi bagi Anda yang sekarang ini sedang ingin memasang pagar besi di rumah ataupun di tempat usaha. Selain menyajikan daftar harga kami juga akan memberikan informasi bermanfaat lainnya yang berkaitan dengan pagar besi.

Baca juga: Harga Pintu Rolling Door Per Meter

Penggunaan Pagar Besi untuk Rumah

Pagar besi untuk hunian tempat tinggal sebenarnya sudah digunakan sejak lama. Ini karena pagar besi dijadikan sebagai alternatif paling tepat sebagai pengganti pagar kayu dan pagar bambu yang dalam penggunaannya tidak mampu tahan lama. Sekarang ini pagar besi banyak dijumpai pada rumah-rumah modern dan minimalis yang berada di wilayah perkotaan.

Jenis pagar besi yang paling diminati dan banyak digunakan jenis besi hollow atau besi berongga.  Selain itu, ada pula kombinasi antara besi hollow dengan besi biasa. Umumnya pagar besi dibuat setinggi di atas satu meter dan mempunyai desain yang sangat beragam, mulai dari desain geser sampai dengan desain dorong. Setiap model ataupun desain pagar besi tersebut tentunya akan mempengaruhi harga dari pagar besi itu sendiri. Namun selain desain, kualitas material juga dapat mempengaruhi harganya.

Mengapa Harus Menggunakan Pagar Besi?

Pagar Besi

Ada banyak sekali alasan mengapa rumah-rumah minimalis modern lebih memilih menggunakan pagar besi daripada jenis pagar yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan cukup banyak kelebihan yang dimiliki oleh pagar besi, yaitu:

  • Memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap cuaca panas dan api.
  • Anti karat dan mampu tahan lama, terutama untuk pagar besi hollow karena didalamnya terdapat kandungan zinc dan aluminium. Jika sering terkena zat asam yang berasal dari genangan air maka tidak akan cepat berkarat.
  • Berbeda dengan pagar kayu, jenis pagar besi sudah pasti anti rayap, anti serangga ataupun binatang pengerat yang lainnya.
  • Tersedia dalam pilihan desain dan model yang dapat disesuaikan dengan selera.
  • Harga yang lebih terjangkau dan variatif. Bahkan ada juga yang harganya di bawah 500 ribu rupiah.

Dimensi dan Ketebalan Pagar Besi

Dimensi dan Ketebalan Pagar Besi

Pagar besi yang beredar di pasaran, terutama pagar besi hollow dijual dalam berbagai macam ukuran dimensi dan ketebalan. Adapun dimensi dan ketebalan pagar besi adalah sebagai berikut:



Dimensi Ketebalan
60 x 60 1,2 mm
50 x 100 1,3 mm – 1,7 mm
45 x 75 1,7 mm
40 x 60 1,2 – 1,4 mm
36 x 36 0,8 mm – 1,2 mm

Jenis Material Pagar Besi

Jenis Material Pagar Besi

Pagar besi yang digunakan sebagai pagar rumah umumnya dibuat dari bahan material yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis material yang biasa digunakan untuk pembuatan pagar besi:

  • Besi cor atau cast iron: Umumnya dibentuk dengan mudah, caranya yaitu dengan menuangkan cairan besi ke dalam cetakan menjadi bentuk sesuai seperti apa yang diinginkan.
  • Besi tempa atau wrought iron: Besi tempa biasanya dalam pembentukannya dipukul-pukul dan dibengkokkan sesudah dipanaskan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan bentuk sesuai keinginan.
  • Besi siku: Berbagai jenis tipe untuk segala macam kebutuhan, baik itu yang berlubang ataupun yang tidak.
  • Besi beton polos ataupun ulir: Ada yang menggunakan tulangan besi dan ada pula yang tidak.
  • Besi pipa: Biasanya digunakan untuk produksi mesin ataupun elemen arsitektur, hingga kebutuhan yang lainnya.
  • Besi pelat: Besi yang memiliki bentuk lembaran untuk segala macam kebutuhan, ada yang jenis berlubang dan ada pula yang tidak. Besi pelat ini memiliki banyak sekali macam bentuknya mulai dari bentuk kotak sampai dengan bulat.
  • Besi hollow: Besi berlubang yang memiliki bentuk pipa kota. Besi hollow umumnya dibuat dari bahan dasar besi galvanis, stainless atau besi baja untuk segala macam keperluan.
  • Besi nako: Untuk jendela kaca nako ataupun untuk keperluan yang lainnya.
  • Besi Wiremesh: Memiliki bentuk seperti kawat dan biasanya akan dianyam menjadi lembaran. Maka dari itu besi wiremesh di Indoensia biasa disebut dengan besi atau kawat anyam atau beronjong. Untuk bentuknya sendiri adalah kotak-kotak atau jajar genjang.

Rekomendasi Pagar Besi Terbaik

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa pagar besi memiliki banyak sekali macam jenisnya, berikut ini kami akan merekemondasikan beberapa jenis pagar besi terbaik untuk bangunan Anda:



Leave a Comment