Harga Wiremesh Berbagai Ukuran

Harga Dan Ukuran Wiremesh – Bagi Anda yang sekarang ini sedang ingin membangun suatu bangunan seperti rumah, tentunya Anda akan membutuhkan berbagai macam material seperti besi wiremesh. Wiremesh memang tidak terlihat secara langsung dalam pembangunan sebuah rumah. Tetapi dalam konstruksi bangunan, material bangunan yang satu ini tidak pernah absen.

Harga Wiremesh

Wiremesh memiliki fungsi khusus yang dimana mampu memperkuat konstruksi beton dan biasanya akan dipasang sebelum adukan beton diaplikasikan. Apabila besi wiremesh sudah terpasang barulah adukan beton bisa dituang di atasnya.

Di pasaran sendiri besi wiremesh dijual dalam berbagai macam ukuran yang bisa dipilih sendiri sesuai kebutuhan. Untuk harganya pun sangat bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran besi wiremesh yang dipilih. Nah, apabila Anda ingin mengetahui daftar harga besi wiremesh secara lengkap, kami disini akan memberikan informasi harga terbarunya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Baca juga: Harga Dan Desain Pagar Besi Minimalis

Apa Itu Besi Wiremesh?

Besi Wiremesh

Besi wiremesh atau yang biasa disebut dengan kawat las merupakan material konstruksi yang pada umumnya diolah dalam bentuk rol atau lembaran. Wiremesh terdiri dari gabungan potongan beberapa material seperti aluminium, logam, dan juga baja dalam jumlah yang cukup banyak.

Semua potongan material tersebut nantinya akan dihubungkan menjadi satu sehingga membentuk suatu lembaran yang rata. Untuk proses penggabungan bahan material tersebut biasanya dilakukan dengan cara dilas hingga memiliki bentuk lembaran dan bisa digulung atau roll.

Besi wiremesh sekarang ini sudah banyak digunakan untuk berbagai konsruksi, terutama pada pengecoran beton pada bondek dan dak. Untuk pengecoran umumnya besi ini digunakan khusus untuk pengecoran pondasi jenis cakar ayam, lantai dan juga jalan.

Jenis dan Ukuran Wiremesh

Besi Wiremesh lembaran

Berdasarkan bentuknya, besi wiremesh yang pada umumnya dijual dipasaran dibedakan menjadi dua macam, yaitu lembaran dan roll. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya mengenai dua macam jenis besi wiremesh tersebut:

  • Besi Wiremesh Lembaran, yaitu sebuah jenis besi wiremesh yang dibuat secara khusus dalam bentuk lembaran. Untuk ukuran standard dari besi wiremesh dalam bentuk lembaran adalah 2,1 meter x 5,4 meter.
  • Besi Wiremesh Rool, yaitu sebuah besi wiremesh yang dibuat khusus dalam bentuk gulungan atau roll. Ukuran standar dari besi wiremesh roll yang adalah di pasaran yaitu lebar 2,1 meter dan panjang sampai dengan 54 meter.

Setiap jenis besi wiremesh yang kami sebutkan diatas sudah pasti mempunyai kelebihan tersendiri dan digunakan khusus untuk konstruksi yang berbeda pula. Maka dari itu, dalam perencanaan suatu konstruksi diharuskan untuk memperhatikan dan teliti saat menentukan jenis wiremesh. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan dan kesamaan dari kedua jenis besi wiremesh diatas:

Besi Wiremesh roll

  • Kekuatan

Jika dilihat dari sisi kuat atau tidaknya besi wiremesh, tergantung dari mutu besi yang digunakan. Baik itu dalam bentuk lembaran ataupun roll, besi wiremesh ini bisa memberikan kekuatan yang sama dengan syarat Anda harus memilih besi baja yang kuat dan bermutu tinggi untuk rangkaian mesh ini.

  • Pemasangan

Pemasangan besi wiremesh dalam bentuk lembaran akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan roll. Hal ini dikarenakan bentuk lembaran sangat membutuhkan perakitan yang rumit.

  • Penggunaan

Bentuk besi wiremesh dalam bentuk lembaran atau konvensional digunakan khusus untuk kolom, balok, dan pondasi. Sedangkan untuk besi wiremesh dalam bentuk roll banyak digunakan untuk bagian struktur bangunan yang melebar seperti misalnya plat lantai.

  • Harga Wiremesh

Besi wiremesh dalam bentuk lembaran memiliki harga yang sangat mahal dan biasanya akan dihitung dengan menggunakan sistem kilogram atau batangan. Sementara untuk besi wiremesh roll dijual dengan harga yang lebih murah dan dihitung per meter.

  • Pengangkutan

Untuk pengangkutan besi wiremesh konvensional dibutuhkan pengangkutan yang terbilang sangat rumit dengan kendaraan panjang. Sementara untuk besi wiremesh roll akan lebih mudah untuk diangkut karena memang sudah dikemas dalam bentuk yang jauh lebih praktis yakni gulungan atau roll.

Kelebihan Besi Wiremesh

Kelebihan Besi Wiremesh

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan besi wiremesh daripada jenis besi yang lainnya. Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh besi wiremesh adalah sebagai berikut ini:

  • Proses pelaksanaan pekerjaan pembesian tulangan bisa dilakukan dengan cara cukup mudah dan lebih capat karena memang tidak perlu merangkai lagi.
  • Bisa meningktkan mutu dan juga ketepatan jarak tulangan pada besi beton.
  • Harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis besi yang lainnya.
  • Kuat dan berkualitas.
  • Pengawasan yang jauh lebih mudah pada proses pengerjaan di lapangan.
  • Untuk proses pengiriman tentu akan lebih mudah menggunakan transportasi biasa dan tidak membutuhkan transportasi khusus.

Tips Memilih Besi Wiremesh Berkualitas

Tips Memilih Besi Wiremesh Berkualitas

Untuk mendapatkan besi wiremesh dengan kualitas terbaik, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Mengingat perannya yang sangat penting, salah dalam memilih besi wiremesh tentunya akan berdampak buruk. Maka dari itu, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih besi wiremesh.

  • Pilih Ukuran Besi Wiremesh yang Tepat

Besi wiremesh dijual dalam berbagai macam ukuran seperti M4, M5, M6 sampai dengan M12. Meskipun secara kasat mata ada beberapa ukuran yang terlihat sama tetapi setiap ukuran tersebut mempunyai kekuatan yang berbeda. Seperti misalnya ukuran M4 dan M5. Keduanya memang hampir sama, tetapi kekuatannya jelas berbeda. Perbedaannya akan terasa jika besi wiremesh tersebut dimanfaatkan untuk pembuatan bentang kolom yang memiliki ukuran sangat lebar.

Maka dari itu, jangan sampai Anda mengabaikan masalah ukurannya. Jika misalnya Anda membutuhkan besi wiremesh yang memiliki ukuran tertentu jangan turunkan standarnya. Tetapi jika Anda benar-benar ingin menurunkan standar ukurannya maka kami sarankan untuk konsultasi langsung dengan ahlinya.

  • Usahakan untuk Memilih Besi Wiremesh yang Menggunakan Sistem Las Otomatis

Besi wiremesh yang dibuat khusus menggunakan sistem las otomatis merupakan pilihan terbaik. Bisa Anda periksa sendiri jarak antar kawatnya. Besi wiremesh yang dibuat dengan menggunakan sistem las otomatis mempunyai jarak antar kawat yang sama. Demikian juga dengan penampang lintangnya. Besi wiremesh yang dibuat dengan menggunakan sistem las otomatis umumnya memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

  • Hindari Pemilihan Besi Wiremesh yang Dibuat Menggunakan Sistem Las Manual

Jika ada besi wiremesh yang dibuat dengan menggunakan sitem las otomatis, pastinya juga ada yang dibuat menggunakan sistem las manual. Dapat dilihat dari jarak antar kawatnya yang relatif tidak sama dan nampak kurang rapi. Namun dari segi harganya memang besi wiremesh ini jauh lebih terjangkau. Namun jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah. Sebab, jika susunan besi wiremesh tersebut kurang rapi maka sudah pasti daya ketahanan beban kawatnya akan menjadi ikut berkurang.

Baca juga: Harga Besi Kolom Per Meter

Daftar Harga Besi Wiremesh Berbagai Ukuran Terbaru 2021

Daftar Harga Besi Wiremesh

  1. Harga Wiremesh Merk BRC SNI (Besi Beton U50)

Spesifikasi Satuan Harga (Rp )
M 4 Lembar 149.000
M 5 Lembar 222.000
M 6 Lembar 312.000
M 7 Lembar 425.000
M 8 Lembar 555.000
M 9 Lembar 720.000
M 10 Lembar 888.000
M 12 Lembar 1.293.000
  1. Harga Wiremesh Non SNI Merk BRC

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
M 5 ( 4,5 mm) Lembar 176.000
M 6 ( 5,2 mm) Lembar 244.000
M 6 ( 5,5 mm) Lembar 262.000
M 6 ( 5,6 mm) Lembar 282.000
M 7 ( 6,5 mm) Lembar 366.000
M 8 ( 7,2 mm) Lembar 462.000
M 8 ( 7,5 mm) Lembar 487.000
M 8 ( 7,6 mm) Lembar 514.000
M 10 ( 9,5 mm) Lembar 801.000
M 12 ( 11,5 mm) Lembar 1.247.000
  1. Harga Wiremesh Roll BRC Standar SNI

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
M 4 Rol 1.490.000
M 5 Rol 2.220.000
M 6 Rol 3.120.000
M 7 Rol 4.240.000
  1. Harga Wiremesh Rol Non SNI Merk BRC

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
M 5 ( 4.5 mm) Lembar 1.760.000
M 6 ( 5.2 mm) Lembar 2.430.000
M 6 ( 5.5 mm) Lembar 2.620.000
M 6 ( 5.6 mm) Lembar 2.820.000
M 7 ( 6.5 mm) Lembar 3.660.000
  1. Harga Wiremesh Per Lembar

Spesifikasi Berat Ukuran Harga (Rp)
Wiremesh M5 24,14 Kg/Lbr 2,1 M X 5,4 M 215.000
Wiremesh M6 34,76 Kg/Lbr 2,1 M X 5,4 M 315.000
Wiremesh M7 47,31 Kg/Lbr 2,1 M X 5,4 M 425.000
Wiremesh M8 61,79 Kg/Lbr 2,1 M X 5,4 M 550.000
Wiremesh M9 78,21 Kg/Lbr 2,1 M X 5,4 M 725.000
Wiremesh M10 96,55 Kg/Lbr 2,1 M X 5,4 M 880.000

Leave a Comment