Harga Rumput Gajah Mini Per Meter

Rumput Gajah Mini – Rumput gajah mini menjadi objek dekorasi yang cukup penting dalam tanaman, bentuknya yang mini dan berwarna hijau membuat rumput ini semakin banyak digemari. Rumput gajah mini ini bisa dibilang tanaman bandel karena perawatannya yang cukup mudah, selain itu rumput ini juga sangat cocok untuk ditanam dimana aja baik cuaca tropis ataupun subtropis.

Taman rumah seperti taman minimalis tidak perlu dipenuhi dengan tanaman, tentunya ada ruang diantara tanaman yaitu tanah. Tanah terbuka ataupun kosong pastinya akan mengurangi keindahan taman sehingga dengan adanya rumput, tanah yang terbuka akan bisa tertutupi olehnya. Rumput dapat  melindungi tanah dan akan membuat tampilan taman dirumah anda menjadi lebih indah dan menarik.

Baca juga: Rumput Jepang Untuk Taman

Keindahan dari sebuah taman akan terlihat dengan hamparan rumput hijau yang sehat. Karena itulah pemilihan jenis rumput yang tepat menjadi hal utama supaya taman rumah di rumah anda tampak  indah dan juga selalu sehat.

rumput gajah mini

Rumput Gajah Mini Untuk Taman

Banyak sekali jenis-jenis rumput yang dapat anda gunakan sebagai penunjang utama untuk keindahan taman. Jenis-jenis rumput taman pastinya jenis rumput yang tumbuh berkembang secara horizontal, karena fungsi utama rumput pada sebuah taman adalah sebagai pengisi space landed area (landscape taman secara merata).

harga rumput gajah mini

Salah satu rumput yang populer saat ini adalah rumput gajah mini, karena perawatannya yang cukup mudah dan daunnya yang kecil sehingga akan mengurangi biaya untuk pemotongan rumput. Rumput gajah mini ini apabila ditanam pada tempat yang cukup terkena cahaya matahari maka daunnya akan terlihat kecil (mini), sehingga jika rumput ini sudah rapat akan terlihat seperti karpet hijau.

Rumput gajah mini (Pennisettum purpureum cv.Mott) merupakan salah satu jenis rumput gajah yang baru dikembangkan saat ini. Ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan rumput gajah cikande, membuatnya sering disebut dengan rumput gajah kerdil.

rumput gajah

Rumput yang satu ini juga bisa tumbuh di berbagai macam tanah dan responsif terhadap pemupukan. Selain itu, rumput gajah mini juga memiliki kekurangan yaitu cepat menua sehingga kandungan nutrisinya cepat menurun dan dan cepat menghabiskan unsur hara yang ada didalam tanah.

Oleh sebab itu untuk dapat mengatasi kekurungan dari rumput ini maka dianjurkan untuk melakukan penanaman campuran dengan legum. Penanaman campuran diantara rumput-rumput dengan legum adalah salah satu upaya yang dapat meningkatkan produksi, mutu hijauan dan memperbaiki kesuburan tanah.

Jenis Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini yang yang biasa dipakai untuk taman terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Rumput gajah mini berdaun hijau: rumput gajah mini ini memiliki daun berwarna hijau. Selain itu jenis rumput ini menjadi yang paling sering kita jumpai di taman.
  2. Rumput gajah mini berdaun putih: seperti namanya, rumput ini mempunyai warna yang beda dari warna aslinya. Untuk perbedaan warna pada varigata biasa terdapat pada daun atau bunga pada tanaman. Sedangkan untuk jenis rumput gajah mini varigata yang dimaksud adalah perbedaan warna putih pada helai daun.

rumpug gajah mini untuk taman

Harga Rumput Gajah Mini

Harga jual rumput gajah mini Rp. 12.000,- /m2 ditingkat petani, harga bervariasi, tergantung jarak rumput atau kerapetannya. Rumput gajah mini ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan rumput gajah paitan harga terkadang bisa mencapai Rp.15.000,- per meter persegi. Harga rumput taman lainnya sekitar Rp.20.000/m2 – Rp.30.000/m2 ditanam sendiri (belum termasuk ongkos kirim).

Baca juga: Taman Rumah Minimalis

taman rumput gajah mini

Cara Merawat Rumput Gajah Mini

Merawat rumput gajah mini tergolong mudah. Akan tetapi kita tetap perlu mengetahui caranya sehingga tidak salah dalam melakukan perawatan. Supaya tetap subur dan terpelihara dengan baik, ada tiga hal yang tak boleh terlewatkan.

Pertama adalah penyiraman rumput gajah mini. Usahakan untuk menyiram secara berkala, apalagi saat musim kemarau. Sehingga rumput tidak kering dan mati.

Berikutnya adalah pemupukan. Pupuk menjadi sumber nutrisi tanaman. Anda bisa memakai pupuk MPK, orea atau pupuk organik dengan pemberian yang tepat. Yang tak kalah penting adalah menghilangkan rumput liar atau gulma di sekitar rumput gajah mini. Sebab gulma bisa merusak pertumbuhan rumput gajah mini.

Leave a Comment