Harga Asbes Gelombang

Harga Asbes Per Lembar – Sebuah bangunan tentu tidak bisa dikatakan lengkap tanpa adanya atap. Atap memang mempunyai fungsi yang sangat penting, terutama untuk melindungi para penghuni rumah dari perubahan segala macam cuaca seperti panas dan hujan. Sekarang ini atap rumah sudah banyak sekali jenisnya dengan bahan yang juga beragam. Namun yang paling banyak diminati adalah atap asbes.

atap asbes

Atap asbes ini sudah lama terkenal dan paling banyak digunakan oleh masyarakat kita. Asbes atau fiber adalah sebuah material yang memiliki bentuk berupa lembaran tipis bergelombang dengan ukuran panjang dan tebal yang sangat beragam. Jenis atap yang satu ini tidak akan bisa memantulkan cahaya matahari. Memiliki sifat yang lebih menyerap panas sehingga dengan menggunakan atap ini maka didalam bangunan tersebut akan terasa panas.

Meskipun demikian, atap asbes selalu menjadi pilihan utama sebagai atap rumah atau bahkan hanya sekedar penutup atap garasi saja. Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai atap asbes maka simak pembahasan kami kali ini.

Kami akan membahas secara detail mulai dari jenis, kelebihan, kekurangan, dan daftar harga atap asbes terbaru. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Harga Atap Galvalum Per Lembar

Jenis-Jenis Atap Asbes

Atap asbes banyak dipilih karena memang mudah sekali untuk dipasang dan mempunyai fungsi yang sangat baik. Atap asbes mempunyai banyak sekali macam jenisnya dengan harga yang bervariasi. Jenis dan harga atap asbes inilah yang nantinya akan menentukan bagaimana kualitas dari asbes yang telah dipilih. Berikut ini adalah jenis-jenis atap asbes yang perlu Anda ketahui:

  1. Asbes Plastik Solartuff

Asbes plastik solartuff

Asbes plastik solartuff merupakan jenis asbes yang terlihat transparan dan tersedia dalam berbagai varian warna. Memiliki bentuk gelombang seperti atap asbes pada umumnya. Jenis atap asbes ini banyak diminati karena memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh atap asbes plastik solartuff adalah daya tahannya yang sangat kuat tetapi tetap memberikan kesan yang elegan ketika digunakan.

Penggunaan atap asbes ini banyak kita jumpai pada gazebo, kanopi dan lain sebagainya. Asbes plastik solartuff ini sudah dilengkapi dengan adanya UV sehingga pancaran cahaya matahari nantinya tidak akan membakar. Karena keunggulan yang dimilikinya inilah tak heran jika harga asbes plastik solartuff harganya jauh lebih mahal daripada jenis asbes yang lainnya.

  1. Asbes Plafon

Asbes Plafon

Asbes plafon biasanya digunakan pada bangunan rumah. Jenis asbes ini memiliki bentuk menarik yang dimana bisa meningkatkan dekorasi rumah dalam ruangan. Maka dari itu, asbes plafon sering dipilih oleh kebanyakan orang yang ingin memperindah bagian dalam ruangan rumahnya. Dalam proses pembuatannya, asbes plafon dibuat dari bahan dasar semen dan bahan material yang lainnya.

Harga asbes plafon pun terbilang cukup murah daripada jenis yang lainnya. Namun harga tersebut tergantung dari jenis ukuran dan juga mereknya. Jika  asbes plafon yang Anda pilih semakin besar dan semakin tebal maka akan semakin mahal pula harga asbes tersebut.

  1. Asbes Seng Gelombang

Asbes Seng Gelombang

Terakhir ada asbes seng gelombang yang dimana jenis ini juga banyak diminati.  Jenis atap asbes yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah di wilayah pedesaan ataupun kota. Atap seng gelombang banyak digunakan sebagai atap bangunan rumah ataupun bangunan yang tidak pernah ditinggali seperti gudang. Asbes ini banyak diminati karena jauh lebih praktis dan harganya pun sangat ekonomis.

Pemakaian asbes seng gelombang jarang sekali dimodifikasi menjadi berwarna maupun yang lainnya. Tersedia dalam berbagai macam ukuran sehingga Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk masalah harganya tergantung dari merek dan juga ukurannya. Namun yang pasti asbes geng gelombang memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis asbes yang lainnya.

Kelebihan Asbes Gelombang

Kelebihan Asbes Gelombang

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa asbes gelombang memiliki banyak sekali kelebihan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh asbes gelombang adalah harganya yang sangat murah dan mudah sekali untuk di temukan di beberapa toko bangunan. Selain itu, asbes juga mudah untuk dipasang karena mempunyai bobot yang terbilang ringan. Bahkan bentunya asbes berupa lembaran juga mudah untuk disusun sehingga proses pengerjaan akan menjadi lebih cepat.

Menariknya lagi, asbes seng gelombang juga mudah untuk dibersihkan dan mudah dalam masalah perawatan. Atap asbes memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap perubahan segala macam cuaca. Dengan demikian maka penghuni bangunan akan selalu terlindung dengan aman.

Kekurangan Asbes Gelombang

Kekurangan Asbes Gelombang

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, atap asbes gelombang juga tak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan asbes gelombang yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang adalah sifatnya yang mampu menyerap panas sehingga akan membuat ruangan di dalam bangunan terasa sangat panas.

Disamping itu, asbes juga mudah rapuh dan sangat mudah robek jika Anda kurang hati-hati ketika melakukan pemasangan. Bahkan atap asbes juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan atap asbes terdiri dari partikel mikro yang dimana partikel tersebut tidak terlihat sama sekali di udara sehingga akan memicu kanker paru-paru. Selain kanker, atap asbes juga bisa memicu penyakit yang lainnya jika Anda terlalu sering menghirup zat berbahaya tersebut.

Daftar Harga Atap Asbes Gelombang Terbaru 2021

harga asbes

Daftar Harga Asbes Merk Djabesmen

Spesifikasi Asbes Ukuran Harga (Rp)
Djabesmen gelombang 150×105 mm 45.000
Djabesmen gelombang 180×105 mm 51.000
Djabesmen gelombang 210×105 mm 57.000
Djabesmen gelombang 240×105 mm 65.000
Djabesmen gelombang 270×105 mm 73.000
Djabesmen gelombang 300×105 mm 81.000
Nok Asbes pasang 42.000

Daftar Harga Asbes Merk Harvlex

Ukuran (cm) Berat Harga (Rp)
150 x 80 x 0.35 8.3 kg 28.500
180 x 80 x 0.35 10.2 kg 33.500
210 x 80 x 0.35 11.9 kg 37.500
240 x 80 x 0.35 13.3 kg 42.500
270 x 80 x 0.35 15 kg 49.500
300 x 80 x 0.35 16.6 kg 55.500
150 x 105 x 0.4 12.6 kg 44.500
180 x 105 x 0.4 14.9kg 49.000
210 x 105 x 0.4 18 kg 56.500
240 x 105 x 0.4 20.4 kg 68.500
270 x 105x 0.4 23.1 kg 74.000
300 x 105 x 0.4 25.7 kg 82.000
Nok Stel Gelombang 80cm 3.4 kg 29.000
Nok Stel Gelombang 105cm 5.2 kg 38.000
Asbes Genteng 85cm x 115cm x 0.4cm 7.4 kg 30.000
Nok Asbes Genteng 105cm 3.5 kg 31.500

Cara Menggunakan Atap Asbes yang Aman

Cara Menggunakan Atap Asbes yang Aman

Asbes dibuat dari campuran fiber mineral alami yang mempunyai serat cukup berbahaya apabila partikel-partikelnya terhirup secara tidak sengaja. Disamping itu, pemasangan atap asbes yang kurang tepat akan memberikan dampak negatif yang sudah pasti membahayakan bagi kesehatan. Untuk dapat mengurangi dampak negatif yang bisa diakibatkan oleh penggunaan atap asbes, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Meninggikan Tembok

Pastikan bahwa jarak antara asbes dengan tembok lumayan jauh. Dengan cara seperti ini maka sebelum partikel-partikel kecil terhirup hidung, partikel tersebut akan tertiup lebih dulu oleh angin dan pastinya akan terbang dengan jauh dari rumah.

  1. Menggunakan Material Penutup Lain

Selain menggunakan cara yang kami sampaikan diatas ternyata Anda juga dapat menutup bagian bawah asbes dengan menggunakan triplek atau bisa juga plafon. Menutup bagian bawah asbes dengan menggunakan triplek atau plafon sangat efektif untuk menahan partikel bebas supaya tidak turun secara langsung ke bawah. Disamping itu, cara ini juga bisa membuat ruangan Anda menjadi terlihat lebih rapi.

Sebenarnya penggunaan asbes sebagai material atap rumah tidak akan memberikan dampak yang terlalu bahaya, dengan syarat Anda harus paham bagaimana cara menggunakannya dengan benar dan tepat.

Baca juga: Harga Atap Spandek Per Meter

Demikian informasi lengkap yang dapat bangunan.web.id sampaikan mengenai atap asbes gelombang. Semoga yang telah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua terutama bagi Anda yang sedang ingin membeli material asbes untuk bangunan sehingga bisa dijadikan sebagai referensi.

Leave a Comment